Ziarah ke Bahnasa, Maka Dosanya Akan Bersih Seperti Bayi Baru Lahir

 
Ziarah ke Bahnasa, Maka Dosanya Akan Bersih Seperti Bayi Baru Lahir
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Kalau di Madinah Al-Munawwarah ada Baqi' al-Gharqa terdapat makam 10.000 orang sahabat, maka di Baqi' Mesir ini terdapat makam 5.000 orang sahabat sebagaimana keterangan Maulana Syekh Yusri Gabr Al-Hasani.

Bahnasa yang terletak di kawasan Bani Mazar, Provinsi El-Men-ya ini adalah tempat yang penuh sejarah sekaligus keberkahan. Bagaimana tidak? Tempat ini telah menjadi saksi singgahnya manusia-manusia terbaik pilihan Allah di sana, mulai dari nabi Yusuf 'alaihissalam hingga Sayyiduna Isa dan Ibu beliau wanita yang suci lagi mulia Sayyidah Maryam al-'Adzro' manusia terbaik pilihan Allah. Disana juga tempat kelahiran Sayyidah Mariah Radhiallahu 'anha dan saudarinya Syeren.

Baca juga: Perbedaan Makam Ulama di Mesir dan Jawa

Cerita Futuh Bahnasa (Penaklukan Bahnasa) salah satu sejarah yang sangat penting dalam perjalanan dan perkembangan serta perluasan islam. Pada masa kekhalifahan Umar bin Khatab Mesir ditaklukan di bawah pimpinan 'Amr bin Ash. Pada masa itu Bahnasa dikuasai oleh Bathlous yang di bawahnya ada 80 penguasa bagian. Kisah-kisah heroik para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam perperangan demi perperangan untuk menaklukkan Bahnasa adalah bahagian yang menginspirasi semangat keislaman kita serta menjadi catatan penting bahwa perjuangan para syuhada dan ghiroh keislaman mereka tersebut adalah poin yang musti kita tanamkan kepada diri pribadi dan orang sekitar dalam menegakkan islam dan meninggikan kalimat Allah.

Diantara sahabat yang ikut dalam Futuhat Bahnasa adalah Abu Dzar al-Ghifari, Abu Ayyub al-Anshari, Abdurrahman bin Abi Hurairah, Abdurrahman bin Abu Bakar ash-Shidiq, 'Uqbah bin Nafi', 'Ubadah bin ash-shamit, Khalid bin Walid, Khaulah binti al-Azwar dan banyak lagi yang tak mungkin ditulis satu persatu.

Beberapa tempat-tempat yang sangat terkenal disana manjur dan mujarab kalau berdoa diijabah oleh Allah. Syekh Yusri Gabr Al-Hasani dauh kepada kami untuk memperbanyak berdoa disana, karena tempat-tempatnya penuh berkah karena para malaikat mengitarinya.

Baca Juga: Hukum Memindah Komplek Makam

Diantara peninggalan sejarah disana adalah Masjid Sayyiduna Hasan bin Shalih bin Hasan bin Aly bin Aby Thalib, Syajaroh as-Sayyidah al-'Adzro' Maryam dan banyak qubah para sahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

وقد ذكر جماعة من السادة والأمراء الأعيان : أن من زار جبانة البهنسا خاض في الرحمة حتى يعود، ومن زارها خرج من ذنوبه كيوم ولدته أمه، ومن زارها وكان مهموما فرج الله همه وغمه، وإن كان صاحب حاجة قضى الله عز وجل حاجته

Dikatakan: Siapa yang menziarahi perkuburan Bahnasa mereka akan berada dalam rahmat Allah hingga mereka pulang, siapa yang menziarahinya maka dosanya akan bersih bak anak kecil baru dilahirkan, siapa yang menziarahinya dalam keadaan bersedih maka  kesedihan dan gundah gulananya akan dihilangkan oleh Allah dan kalau dia mempunyai hajat Allah akan penuhi hajatnya.

---------
Oleh : Afriul Zikri
Editor: Nasirudin Latif