Hikmah Gus UD: Kencing Ditembok Masjid Tidak Bau dan Tidak Berbekas

 
Hikmah Gus UD: Kencing Ditembok Masjid Tidak Bau dan Tidak Berbekas
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - KH. Ali Mas'ud atau yang biasa disebut Gus Ud adalah seorang wali majdzub dari Pager Wojo Buduran Sidoarjo. Konon beliau sering terlihat di jalan-jalan Pasuruan. Pernah suatu kali beliau masuk masjid Jamik Pasuruan dan ikut shalat berjamaah bersama kaum mislimin  disana. Beliau ada dideretan shaf paling depan. Tiba-tiba beliau kencing ke tembok masjid saat orang-orang sedang khusuk melaksanakan shalat. Jamaah terkejut, sementara Gus Ud malah ngacir keluar dari masjid tak perduli dengan keadaan sekelilingnya.

Baca Juga: Biografi KH. Ali Mas'ud Pagerwojo

Setelah shalat selesai sebagian jamaah bermaksud membersihkan kencing di tembok. Namun ternyata di tembok tidak ada apa-apanya. Tidak ada kencing apalagi bau pesing. Begitulah Gus Ud. Beliau semasa dengan KH. Abdul. Hamid Pasuruan dan Yai Hamid sangat menghormatinya.

Beliau juga sering ke Pondok Pesantren. Sidogiri yang saat itu di asuh oleh Al Faqih Al Allamah Al Waliyyil Kabir KH. Kholil Nawawi. Biasanya sebelum beliau sampai di Sidogiri KH. Kholil Nawawi sudah menyuruh khadimnya untuk membersihkan ruang tamu, karena beliau akan kedatangan Gus Ud dari Sidoarjo. Beliau sudah tahu bahwa akan kedatangan tamu istimewa.

Pernah disuatu hari Gus Ud mengunjungi KH. Kholil Nawawi Sidogiri yang saat itu didampingi oleh KH. Nawawi Abdul. Jalil muda. Yai Kholil berkata pada Gus Ud " Jangan selalu pakai Hakikat Gus. Syariatnya juga di pakai. Untuk apa Allah Swt menurunkan syariat kalau tidak dipakai? Ini kenalkan ponaan saya Ahmad Nawawi  putranya Kiai Jalil ". Gus Ud tersenyum hampir tertawa mendengar penuturan Kiai Kholil sambil berkata dalam bahasa jawa " Lek niku kulo sampun kenal Yai.. Niku Cowek " Konco Dewek ".

Baca Juga: Ketika Para Santri Saksikan Kewalian Gus Miek dan Mbah Ud Pagerwojo

Jadi Kiai Nawawi Abdul. Jalil  muda sudah menjadi teman Gus Ud wali majdzub dari Sidoarjo.

Semoga kita dan anak cucu kita mendapat barokah beliau-beliau para Auliya'. Amin. Lahumul Fatihah.

---------
Oleh: Lutfi Arif
Editor: Nasirudin Latif