Ijazah Kitab Manakib Al Barjanzi dari Kiai Sahal Mahfudz

 
Ijazah Kitab Manakib Al Barjanzi dari Kiai Sahal Mahfudz
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Seperti tahun sebelumnya, selalu saja dimeriahkan peringatan Maulid Nabi di masjid Jami' Roudlotul Muttaqien Desa Pangkalan kec. Sobang Kab. Pandeglang.

Kepanitiaan di bentuk, Berbagai lomba di adakan, santunan anak yatim, pembacaan kitab maulid Barzanji dan puncaknya adalah pengajian umum.

Malam ini, bersama warga desa pangkalan, kita berkumpul untuk membacakan kitab barzanji.

Barzanji merupakan kitab yang berisikan khulasoh (ringkasan) Sirah Nabawiyah yang meliputi kisah kelahiran beliau, pengutusannya sebagai rasul, hijrah, akhlak, peperangan hingga wafatnya, pujian-pujian kepadanya, serta doa-doa.

Oleh Panitia, saya diminta untuk membaca do'a usai pembacaan kitab barzanji oleh tim yang juga di bentuk panitia. Nama aslinya adalah I’qdul Jawhar fi Mawlid an Nabiyyil Azhar, populer dengan sebutan Barzanji disandarkan kepada pengarangnya atau sebagian yang lain menyebutnya kitab marhaba.

Pengarangnya adalah Syaikh Ja’far bin Hasan bin Abdul karim Al-Barzanji, dilahirkan pada hari Kamis awal bulan Zulhijjah tahun 1126 di Madinah Al-Munawwaroh dan wafat pada hari Selasa, selepas Asar, 4 Sya’ban tahun 1177 H di Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul Baqi’. Nasabnya sampai kepada Nabi Muhammad SAW dari keluarga Sa’adah Al Barzanji yang termasyhur.

  • Baca juga: 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN