Kisah Akhlak Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf Jeddah Menjaga Perasaan Seseorang

 
Kisah Akhlak Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf Jeddah Menjaga Perasaan Seseorang
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Kisah ini diceritakan oleh murid beliau, Habib Ali Al-Jufri. Habib Ali Al-Jufri adalah seorang ulama kelahiran Jeddah pada hari, Jumat 20 Safar 1391 H atau bertepatan pada tanggal 16 April 1971. Beliau merupakan contoh ulama yang melihat manusia dengan cinta dan kasih saying, sehingga beliau diterima oleh semua golongan di berbagai belahan bumi.

Beliau adalah cerminan ulama muda yang tidak pernah mengeluarkan dekitpun cacian dan makian dari mulutnya, yang beliau sampaikan adalah risalah agama dan nasihat. Habib Ali Al-Jufri merupakan murid dari seorang ulama Sulthonul Auliya' Habib Abdul Qodir Bin Ahmad As-Seggaf Jeddah, rajanya Waliyullah seluruh dunia pada zaman beliau.

Kisah awal mula pertemuan Habib Ali Al-Jufri dengan Habib Umar bin Hafidz juga diperantarai oleh Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf, hingga membuat Habib Ali jatuh hati kepada Habib Umar.

Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf juga merupakan guru dari seorang ulama kharismatik Nusantara, Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan. Berkaca pada akhlak Habib Ali dan Habib Luthfi, kita bisa melihat akhlak Habib Abdul Qadir pada diri kedua murid beliau. Banyak kisah yang menceritakan tentang kemuliaan akhlak beliau, salah satunya ketika berkunjung ke rumah salah satu murid beliau.

Suatu ketika, Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf Jeddah bertamu di rumah salah seorang murid beliau.

Selayaknya tuan rumah dan sebagaimana seorang murid, tuan rumah mengantar beliau sampai halaman rumah ketika hendak pulang. Bahkan setelah beliau masuk mobil, tuan rumah sendiri yang menutup pintu mobil untuk menghormati guru yang ia muliakan itu.

Kemudian, berangkatlah mobil rombongan Habib Abdul Qodir yang saat itu disertai murid kesayangannya, Habib Ali Al-Jufri. Tiba-tiba di tengah perjalanan, Habib Abdul Qodir meminta berhenti dan berkata pada muridnya, "Hai Ali, bukakan pintu mobil ini, sepertinya tanganku terjepit pintu."

Terkejut, maka bergegaslah Habib Ali membuka pintu. Dan ternyata benar, tangan Habib Abdul Qodir terluka sebab terjepit, "Yaa Sayyidi, kenapa tidak dari tadi Guru meminta dibukakan pintu?" tanya Habib Ali

Habib Abdul Qodir menjawab, "Kalau kita membuka pintu di hadapan tuan rumah tadi, tentu dia tidak akan bisa tidur semalaman, Aku tidak mau membuatnya khawatir dan hatinya pecah."

Semoga kita semua dapat meniru akhlak mulia dari Al-Imam al-Quthub Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf beserta para murid-muridnya. Aamiin.

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد

Dikutip dari Al Hadi


Editor: Daniel Simatupang