Tips Kyai Cholil Nafis Jalani Isolasi Mandiri

 
Tips Kyai Cholil Nafis Jalani Isolasi Mandiri
Sumber Gambar: Foto Ist

Laduni.ID, Jakarta - Pengasuh Pondok Pesantren Cendikia Amanah, Kyai Cholil Nafis memberikan tips pemulihan bagi mereka yang terpapar wabah Covid 19. Alumnus University of Malaya, Malaysia itu menghimbau kepada mereka yang terkonfirmasi Covid 19 untuk tetap tenang, tidak cemas dan menumbuhkan pikiran yang positif serta sikap yang optimis. 

"Apa yang dikatakan Ibnu Sina saya merasakan. Bahwa: Cemas itu menimbulkan penyakit. Tenang itu merupakan obat. Kesabaran adalah awal dari kesembuhan. Makanya optimis dan harapan baik akan segera berlalunya penyakit akan lebih membantu cepat menyembuhkan. Demikian juga penyakit ringan tapi penuh cemas akan memperparah sakitnya," ujar Kyai Cholil mengawali tulisannya yang diunggah di laman FB pribadinya, Senin, 28 Juni 2021.  

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah itu mengajak kepada seluruh pihak untuk tetap berfikir positif. Menurutnya, apa yang kita alami saat ini merupakan karunia dari Allah SWT, untuk kebaikan umat manusia, sekalipun dalam bentuk musibah. "Ayo tetap tanamkan husnudzon dalam diri ini, terutama kepada Allah, bahwa apa yang kita alami adalah kebaikan," ujar Kyai Cholil yang saat ini tengah menjalani masa isolasi mandiri. 

Ia berpesan kepada mereka yang terpapar wabah Covid 19. "Pesan saya bagi yang sedang tertimpa atau terkena gejala covid-19: 1) Prasangka yang baik kepada Allah bahwa ini rahmat dari Allah utk kebaikan; 2) Yakin bahwa penyakit ini hanya sebentar dan segera sembuh; 3) Banyak berdoa, dzikir, shalat dan baca Qur’an; 4) Tenangkan hati dan jangan menonton TV, jangan cari berita yang menayangkan kengerian Covid-19, kematian dan antrinya penguburan; 5) Saat senggang isi dengan hal yang menyenangkan apakah komunikasi, dengarkan musik atau film-film lucu. Saya dengerin ceramah Kiai Hasyim, Zainuddin MZ. Gus Dur, nonton film Dono dll; 6) Banyak minum air panas dan makan yang bervitamin juga buah; 7) Istirahat yang cukup dan olahraga. Bismillah tawakkalna ‘alallah," pesan Kyai Cholil. 

Seperti diketahui, Kyai Cholil Nafis terkonfirmasi positif Covid 19 sepekan silam, pada Minggu 20 Juni 2021 setelah melakukan tes swab PCR. Tes itu dilakukan setelah dirinya melakukan perjalanan dari Salatiga menuju Jakarta dengan menyebrangi Suramadu. Berdasarkan keterangannya, sebelumnya di Suramadu, tes antigen hasil laboratorium dinyatakan negatif. Setelah dinyatakan positif di Jakarta, Kyai Cholil memutuskan untuk menjalani isolasi mandiri dan kini kondisinya sudah semakin membaik. 

"Walhamdulillah kondisi badan saya normal hanya flu ringan. Saya curiga terkena saat perjalanan dari Salatiga ke Jakarta karena saat menyebrangi Suramadu sudah di tes antigen dan hasilnya negatif.  Saya memilih isolasi mandiri. Optimis sebentar lagi segera sembuh dan sehat. Mohon sambung doa dari para sahabat sekalian.  Ayo sahabat-sahabat jaga diri dari Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan: mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak," pungkasnya. (Editor: Ali Ramadhan)