Cara Minum Sehat Rasulullah SAW yang Bisa Cegah Kemaksiatan

 
Cara Minum Sehat Rasulullah SAW yang Bisa Cegah Kemaksiatan
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Sebagai umat Muslim, segala sesuatu yang kita lakukan selalu memiliki tuntunan dalam mengerjakannya, baik itu melalui sunnah nabi ataupun perintah langsung yang Allah sampaikan. Seluruh kegiatan yang kita lakukan memiliki tuntunan, agar apa yang kita kerjakan mendapat suatu keberkahan dari Allah SWT, termasuk dalam hal makan dan minum.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِيْنِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

"Apabila salah seorang diantara kalian makan, maka hendaklah dia makan dengan tangan kanannya dan apabila salah seorang diantara kalian minum maka hendaklah dia minum dengan tangan kanannya, karena syaitan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya." (HR. Muslim no. 5233)

Kebiasaan yang sering Rasulullah lakukan ketika hendak minum adalah duduk. Dalam kondisi apapun ketika beliau hendak minum, Rasulullah pasti akan duduk terlebih dahulu baru setelah itu meneguk minuman beliau dengan tangan kanan.

لَا يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِيَ فَلْيَسْتَقِئْ

"Janganlah sekali-kali salah seorang dari kalian minum dengan berdiri, jika lupa hendaklah ia memuntahkannya."

Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya agar tidak bernapas ketika sedang minum, agar kotoran dan penyakit yang keluar dari dalam tubuh melalui mulut dan hidung tidak masuk ke dalam minuman yang hendak diminum.

Anas bin Malik RA pernah melihat Rasulullah mengambil napas sebanyak tiga kali ketika hendak minum, setelah itu baru Rasulullah meminum air tersebut. Anas RA lantas bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah mengapa engkau melakukan demikian?”

Rasulullah kemudian menjawab, “Karena hal demikian itu jauh lebis segar, jauh lebih nikmat, dan jauh lebih enak.” Rasulullah juga menganjurkan agar menutup gelas minuman agar tidak ada penyakit yang masuk kedalamnya.

إنك إذا أقبلت على شرب الماء، فقسمه ثلاثا إشرب أول جرعة و قلْ بسم الله، واشربها ! ثم انتهى من الجرعة و قلْ الحمد لله  واقتد إلى الجرعة الثانية و قلْ بسم الله، وانتهى منها قل الحمدلله  ثم اختم بالثالثة وقل بسم الله واختمها بقول الحمد لله.

“Jika kalian akan meneguk air minum, maka bagilah dengan tiga kali tegukan. Minumlah pada tegukan pertama dengan membaca Bismillah, kemudian setelah selesai ucapkan Alhamdulillah. Lalu ikuti pada tegukan kedua dan ucapkan Bismillah, dan setelah selesai ucapkan Alhamdulillah. Kemudian akhiri pada tegukan ketiga dan ucapkan Bismillah, dan akhiri dengan kalimat Alhamdulillah.”

Jika kalian mengamalkan cara minum seperti itu (yang dinukilkan dari cara Rasulullah SAW) ketahuilah selama air itu berada dalam perutmu, maka dengan izin Allah SWT tidak akan terjadi timbul keinginan untuk melakukan Maksiat walau hanya sekecil biji dzarroh dihadapan Allah SWT.

Semoga kita semua dijauhkan dari maksiat. Amiiin


Editor: Daniel Simatupang