PPKM Bukan Kendala untuk Bersilaturahim

 
PPKM Bukan Kendala untuk Bersilaturahim
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Hari raya merupakan momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Bahkan tak jarang sebagian masyarakat menunggu momen ini berbulan-bulan demi membalas rasa rindu mereka dari tempat perantauan. Namun tak lepas dari takdir Allah bahwa hari raya tahun ini (Idul Fitri dan Idul Adha) masih dalam masa pandemi. Kegiatan perkumpulan hingga mudik demi berkumpul dengan keluarga di kampung halaman terpaksa terbatas, tak leluasa seperti hari-hari biasa sebelum singgah wabah ini.

Kini, dengan keterbatasan ini orang-orang menyadari betapa spesialnya silaturrahim, berkumpul bersama kerabat dan saling mengunjungi. Lantas apakah tidak ada jalan keluar bagi mereka yang ingin menyambung tali persaudaraan, meskipun jasad mereka saling berjauh-jauhan? Adakah solusi bagi mereka yang selalu ingin menjaga silaturrahim mereka pada masa pandemi seperti ini?

Tentu saja ada. Media sosial yang hampir setiap orang menggunakannya adalah solusinya. Mudahnya cara penggunaannya membuat semua kalangan dari masyarakat dari tua, muda, besar, kecil dapat mengaksesnya. Bisa kita sebut dengan silaturrahim virtual.

Mengenai masalah ini, seorang ulama dari Tarim, Hadhramaut, Yaman, Habib Muhammad bin Alwi al-Aydrus menyusun kitab an-Niyat. Kitab yang menghimpun niat-niat dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang asalnya bukan ibadah murni, termasuk menggunakan internet.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN