Keutamaan Amalkan Minum Susu Putih pada Malam 1 Muharram

 
Keutamaan Amalkan Minum Susu Putih pada Malam 1 Muharram
Sumber Gambar: Ilustrasi/Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Diantara kebiasaan orang-orang shaleh (min da’bis shalihin) ialah salah satunya meminum susu pada malam 1 Muharram, dan kebiasaan ini juga diamalkan oleh Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki. Ketika telah masuk dari pada 1 Muharram, Abuya Sayyid akan membagikan susu kepada para santri.

Waktu yang baik untuk meminum susu adalah malam 1 Muharram, tepat sebelum mendekati Subuh. Adapun fadhilah meminum susu pada malam 1 Muharram adalah Tafa’ulan, meminta kepada Allah agar pada satu tahun kedepan dijadikan sebagai tahun yang bersih, tahun melakukan kebaikan.

Setiap tahunnya, Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki selalu mengamalkan amalan tersesbut. Adapun doa minum susu putih adalah sebagai berikut:

اللهم بارك لنا فيه و زدنا منه

Susu memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh, seperti kalsium yang baik untuk tulang. Selain itu, di dalam susu terdapat anugerah yang telah Allah persiapkan untuk umat Rasulullah SAW. Oleh sebab itu dalam do'a ditambahkan kata وزدنا منه.

Tambahan doa tersebut hanya berlaku ketika seseorang meminum susu, dan tidak terdapat pada minuman manapun. Inilah keutamaan susu yang terdapat pada Al-Qur’an dan hadits Rasul:

1. Menumbuh kembangkan pertumbuhan anak.

2. Susu mencukupi (mengenyangkan) kebutuhan makan minum anak.

3. Susu tidak bikin perut anak mules.

4. Saat Isra' Mi'raj, susu adalah pilihan Rasulullah SAW yakni saat Malaikat Jibril menyuguhkan khomr dan susu, dan susu adalah tanda kefitrahan umat Rasulullah SAW.

Oleh karena itu, marilah kita mengamalkan sunnah Rasullullah yang juga diamalkan oleh Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki. Semoga bermanfaat.


Editor: Daniel Simatupang