Biografi KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya Staquf), Ketua Umum PBNU 2021-2026

 
Biografi KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya Staquf), Ketua Umum PBNU 2021-2026
Sumber Gambar: Dok. LaduniID

Daftar Isi:

1.     Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1   Lahir

2      Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1   Pendidikan
2.2   Guru-Guru

3.     Jasa dan Karir 
3.1   Jasa-jasa
3.2   Karir-Karir

4.     Keteladanan
4.1   Menjaga Perdamaian di Tingkat Akar Rumput
4.2   Aktif Suarakan Perdamaian Dunia
4.3   Peringkat 19 tokoh muslim berpengaruh di dunia

5.   Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Yahya Cholil Staquf adalah ulama berasal dari di Rembang, Jawa Tengah. Beliau lahir pada 15 Februari 1966.  KH. Yahya Cholil Staquf merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama. Beliau pernah menjabat sebagai Katib Aam Syuriah PBNU Masa Khidmat 2015-2020.

Dan saat Ini beliau menjabat sebagai Ketua Umum PBNU masa Khidmat 2021-2026. Ayahnya merupakan tokoh NU sekaligus salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH. Muhammad Cholil Bisri.  Ibunya bernama Muchisnah. KH. Yahya Cholil Staquf juga merupakan keponakan dari Pengasuh Pondok Raudlatut Thalibin, KH. Mustofa Bisri atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Mus.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Dibesarkan di lingkungan pesantren, KH Yahya Cholil Staquf sejak kecil mendapatkan pendidikan formal di Pesantren Roudlotul Tholibin Rembang. Beliau mendapatkan ilmu agama berlimpah dari ayah dan juga pamannya. Tak hanya itu, pria kelahiran 16 Februari 1966 ini juga ketika remaja beliau menuntut ilmu di Pesantren Al-Munawwir Krapyak dibawah asuhan KH. Ali Maksum di Krapyak, Yogyakarta, sambil berkuliah di Jurusan Sosiologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dibesarkan dari kultur Nahdilyin kuat dan kehidupan pesantren, KH. Yahya Cholil Staquf pun pernah menjadi pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin, Rembang, Jawa Tengah.

2.2 Guru-Guru

  1. KH. Muhammad Cholil Bisri
  2. KH. Mustofa Bisri atau Gus Mus
  3. KH. Ali Maksum
  4. KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur

3. Jasa dan Karir

3.1 Jasa-jasa

  1. KH. Yahya Cholil Staquf juga pernah dipercaya sebagai tenaga ahli perumus kebijakan pada "Dewan Eksekutif Agama Agama di Amerika Serikat - Indonesia" yang didirikan berdasarkan perjanjian bilateral yang ditandatangani oleh Presiden Obama dan Presiden Jokowi pada Oktober 2015, dalam rangka “menjalin kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia. 
  2. KH. Yahya Cholil Staquf pernah mengundang atensi publik ketika menghadiri undrangan acara dari American Jewish Committee (AJC) dan berpidato tentang resolusi konflik keagamaan disana. 
  3. KH. Yahya Cholil Staquf juga terlibat secara pemikiran dalam penyusunan naskah deklarasi ISOMIL Nahdlatul Ulama (2016); deklarasi forum persatuan global (2016); deklarasi Ansor gerakan pemuda pada kemanusiaan Islam (2017); dan yang terakhir Manifesto Nusantara (2018). 
  4. KH. Yahya Cholil Staquf juga dikenal karena melanjutkan apa yang sering dilakukan oleh Gus Dur dengan melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh atau acara komunitas Yahudi untuk perdamaian Israel-Palestina.
  5. KH. Yahya Cholil Staquf juga merupakan utusan GP Anshor dan PKB untuk jaringan politik tersebar di Eropa dan Dunia, Centrist Democrat International (CD) dan European People’s Party (EPP).

3.2 Karir-Karir

  1. Menjadi pengasuh Pesantren Raudlatut Tholibin di Rembang 
  2. Menjadi juru bicara Presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.   
  3. Menjadi Katib Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2015-2020
  4. Menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada 2018-2019, untuk menggantikan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang wafat pada 2017, KH. Hasyim Muzadi
  5. Menjadi salah satu inisiator pendiri institut keagamaan di California, Amerika Serikat, yang bernama Bayt Ar-Rahmah Li adDa'wa Al-Islamiyah rahmatan Lil Al-alamin yang mengkaji agama Islam untuk perdamaian dan rahmat alam pada tahun 2014.
  6. Menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Masa Khidmat 2021-2026

4. Keteladanan KH. Yahya Cholil Staquf    
Menjaga Perdamaian di Tingkat Akar Rumput

Pertengahan tahun 2018, Yahya mengambil keputusan berani atas keputusannya berkunjung ke Israel. Tak hanya berkunjung, Yahya juga bertemu dengan PM Israel, Benjamin Netanyahu, dan menjadi pembicara dalam forum American Jewish Committee (AJC) di Israel.

Dihujani kritik di dalam negeri, namun Yahya bergeming. "Upaya saya ini mengajak atau memperkuat gerakan perdamaian di tingkat akar rumput di masyarakat menjadi konsensus sosial. Semua orang mau perdamaian," kata Gus Yahya.

Aktif Suarakan Perdamaian Dunia
Gus Yahya dikenal aktif menyuarakan pesan perdamaian dunia. Hal tersebut kerap ia lakukan dalam setiap lawatannya ke sejumlah negara, baik di wilayah Eropa maupun di Timur Tengah. Pesan perdamaian tersebut salah satunya ia wujudkan dengan mendirikan institut keagamaan di Amerika Serikat yang bernama Bayt ar-Rahmah li ad-Da‘wa al-Islamiyyah Rahmatan li al-‘Alamin (Rumah Rahmat Ilahi untuk Mengungkap dan Memelihara Islam sebagai Berkah untuk Semua Ciptaan).

Peringkat 19 dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh dunia 2023
Gus Yahya masuk dalam peringkat 19 dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh dunia 2023 yang dirilis The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC).

5. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: wiki.laduni.id

Sebelumnya artikel ini diedit 15 Februari 2023 dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 15 Februari 2024

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya