11 Ulama Pensyarah Ilmu Mantiq

 
11 Ulama Pensyarah Ilmu Mantiq
Sumber Gambar: Ilustrasi/FB Firmansyah Djibran El'Syirazi

Laduni.ID, Jakarta – Masuknya ilmu mantiq kepada Umat Islam dengan cepat diterima dan mendapat sambutan baik di kalangan kaum Muslimin. Setelah menguasai dengan baik dan mendalami ilmu Mantiq, para ilmuan Muslim dalam usaha pengelempokan dan peyaringan, mereka berkonsentrasi dalam memberikan syarah (penjelasan) dan pendalaman ilmu tersebut dengan menambahkan pembahasan-pembahasan yang lebih mendalam, sehingga memberikan andil kepada kemajuan ilmu tersebut.

Di antara para ilmuan dan cendekiawan besar Muslim yang memberikan perhatian dan mendalami masalah-masalah mantiq, serta melakukan perannya yang sangat penting dalam penyempurnaan dan penyusunan ulang ilmu Mantiq adalah sebagai berikut:

1. Abu Nashr Muhammad bin Tharkhan Farabi yang terkenal dengan Mu'alim Tsani (257-338 H.Q)

Beliau terkenal sebagai bapak ilmu Mantiq Islam dan banyak menulis syarah terhadap karya-karya ilmu Mantiq Aristoteles. Pada awalnya Farabi adalah murid dari "Bait AL-Hikmah" yang kemudian beliau menjadi salah satu guru besar di sana. Karya beliau yang paling penting dan sudah dicetak dalam masalah ini adalah buku Ausath Kabir dan kumpulan (risalah) beliau dengan nama Mantiqiyaat Farabi.

2. Abu Ali Husein bin Abdullah bin Sina dengan julukan Syeikh Al-Rais (370-428 H.Q)

Beliau adalah ilmuan mantiq terbesar kaum Muslimin. Dalam ilmu Mantiq Ibnu Sina punya banyak karya seperti Mantiq Syifa, Nijat, Danishnameh Ala'i dan Mantiq Isyarat. Beliau memberikan perubahan besar dalam budaya keilmuan Islam dengan menyusun ilmu Mantiq serta menjadikan kajian ilmu Mantiq menjadi dua bab; Ta'rif (definisi) dan istidlal (argumenasi), dari sembilan bab (yang cocok dengan seleranya Aristoteles).

3. Zainuddin Amru bin Sahlan Saawie (450 H.Q)

Beliau adalah salah satu penduduk kota Saweh. Karya beliau yang paling penting yang merupakan salah satu buku pelajaran di Universitas Al-Azhar adalah buku Al-Bashair A-Nashiriyah. Beliau juga membuat karya mantiq dalam bahasa Persia yang bernama Tabshireh serta dua risalah yang lain dalam ilmu Mantiq.

4. Abu Walid Muhammad bin Ahmad bin Rusyd (520-595 H.Q)

Beliau banyak memberi syarah bagi buku-buku Aristoteles. Karya-karya yang beliau susun dalam ilmu Mantiq adalah A-Dharuri Fi ALMantiq, Syarah Kitab Migyas, Syarah Kitab Burhan, Talkhish Burhan dan Talkhish Safsathah.

5. Abu Al-Futuh Syihabuddin Yahya bin Habasy seorang raja kecil di kota Syuhraward yang terkenal dengan nama Syekh Isyraq (s49-587 H.Q)

Beliau adalah pendiri “Maktab Isyraq”. Dalam beberapa pembahasan mantiq beliau memiliki pandangan-pandangan baru. Buku-buku mantiq yang beliau susun antara lain; Mutharihat wa Musyariat, Talwihat dan Hikmah Al-Isyraq (bab pertama).

6. Muhammad bin Muhammad bin Hasan Thusi yang dijuluki dengan nama Khajeh Nashiruddin (597-672 H.Q)

Beliau adalah penulis syarah yang paling penting untuk buku Isyarat dan juga menyusun buku mantiq yang paling penting dalam Bahasa Persia dengan nama Asas A-lqtibas. Buku terkenal lain yang di tulis oleh Khajeh Nashiruddin dalam ilmu Mantiq adalah Al-Tajrid fi llmi Al-Mantiq.

7. Muhammad bin Mas'ud yang dijuluki dengan Qathbuddin Syirazi (634-710 H.Q)

Beliau adalah murid terbaik dari Khajeh Thusi. Karya-karya beliau dalam ilmu Mantiq di antaranya Darroh Al-Taj (bab pertama dan kedua) dan Syarah Hikmah Al-Isyraq yang bab pertamanya mengenai mantiq.

8. Abu Mansur Hasan bin Yusuf bin Ali bin Mathhar Hilli yang terkenal dengan Allamah Hilli (726 H.Q)

Beliau adalah murid dari Khajeh Nashiruddin dan juga memberi syarah bagi buku-buku mantiq dan buku kalam gurunya. Karya terkenal dari Allamah Hilli adalah Al-Jauhar Al-Nadhid fi Syarhi Kitab Al-Tajrid, dan juga bagian dari buku beliau Al-Asrar Al Khafiyah yang beliau khususkan untuk kajian ilmu Mantiq.

9.Muhammad bin Muhammad bin Razi yang terkenal dengan Qathbuddin Razi (694766 H.Q)

Beliau banyak memberi syarah bagi buku-buku penting ilmu Mantiq, di antaranya buku Risalah Syamsiyah (karya Katibi Qazwini), Mathali' Al-Anwar (Karya Urmawi) dan Syarah Isyarat Khajeh. Syarah Syamsiyah dan Syarah Mathali adalah di antara buku-buku yang menjadi pegangan dan beberapa Huazah terdahulu.

10. Shadruddin Muhammad bin Ibrahim Syirazi Yang terkenal dengan Shadr Al-Muta'allihin (980-1050 H.Q)

Beliau adalah pendiri "Hikmah Muta'alliyah", karya-karya beliau dalam ilmu Mantiq di antaranya Risalah fi Al-Tashawur wa Tashdiq, Hawashi bar Mantiq Hikmah Al-Isyraq dan Risalah Al-Tanqih fi Al-Mantiq yang terkenal dengan Mantiq Nuwin dalam terjemahan dan syarah bahasa Persia.

11. Haji Mulla Hadi Sabzawari (1212-1289 H.Q)

Beliau adalah murid paling terbaik dari maktab Shadr Al-Mutalihin. Karya beliau yang paling penting antara lain Mandhumah Al-Laali Al Muntadhamah dan syarahnya yang sampai sekarang buku tersebut menjadi buku pelajaran di beberapa Hauzah.

Oleh: Gus Firmansyah Djibran El'Syirazi


Editor: Daniel Simatupang