Wisata Religi Kabupaten Tangerang, Bertawasul di Makam Abuya Uci Turtusi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Religi Kabupaten Tangerang, Bertawasul di Makam Abuya Uci Turtusi
Sumber Gambar: Instagram @bima_saputra_313

Laduni.ID, Jakarta – KH Uci Turtusi atau akrab dikenal dengan Abuya Uci merupakan ulama kharismatik asal tanah Banten. Beliau merupakan ulama besar yang menjadi panutan semua kalangan, baik itu pejabat hingga masyarakat.

Abuya Uci lahir di Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah, di Kampung Cilongok, Pasar Kemis, Tangerang, Banten. Beliau merupakan anak dari ulama besar tanah Banten, Abuya Ahmad Dimyati bin Ahmad Romli yang memiliki pengaruh besar pada masanya.

Abuya Uci merupakan sahabat dari presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid. Pernah suatu ketika sebelum Gus Dur wafat, Abuya Uci menanyakan keinginan Gus Dur baik saar masih jadi presiden atau setelah lengser. “Saya inginkan adalah ketika saya wafat, istri, anak, teman-teman dan sekitarnya mengirimkan Al Fatihah buat saya,” kata Abuya menirukan Gus Dur.

Abuya Uci merupakan pengasuh Pondok Pesantren Pondok Pesantren Salafiyah Al-Istiqlaliyah, di pesantren itulah Abuya Uci memulai hidup hingga Allah memanggil Abuya pada Selasa, 6 April 2021. Abuya Uci wafat karena sakit yang dideritanya.

Beliau dimakamkan berdampingan dengan makam sang ayah, Abuya Dimyathi, di kawasan Pondok Pesantren Al Istiqlaliyyah, Kampung Cilongok, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

Sumber foto: FB Balle Rombeng


Editor: Daniel Simatupang