Ijazah Supaya Anak Menjadi Shaleh dari KH Ulil Albab Arwani Kudus

 
Ijazah Supaya Anak Menjadi Shaleh dari KH Ulil Albab Arwani Kudus
Sumber Gambar: Ilustrasi/Urbandigital

Laduni.ID, Jakarta – Anak adalah karunia yang Allah titipkan kepada kedua orangtua untuk dijaga, dirawat, dan dididik dengan sesuatu yang baik. Dalam Islam segala sesuatu mengenai kehidupan telah diberikan tuntunan yang baik melalui Nabi Muhammad SAW, termasuk cara mendidik anak.

Sebab, hubungan antara orangtua dan anak merupakan hubungan timbal balik yang abadi, tak terbatas dimensi dan waktu. Hubungan timbal balik yang dimaksud ialah melalui perantara doa. Kelak ketika orangtua wafat maka hal yang paling dibutuhkan adalah doa yang tulus dari anak-anaknya.

Maka dari itu, orangtua perlu mendidik anak dengan cara yang baik, supaya kelak anak menjadi pribadi yang shaleh/shalehah. Di sisi lain, orangtua juga perlu melakukan ikhtiar doa agar anak dapat menjadi sosok yang bermanfaat di dunia dan akhirat.

Dilansir dari Instagram Ala NU, KH Ulil Albab Arwani, Pengasuh Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus pernah pada suatu hari memberikan ijazah umum kepada walisantri supaya putra-putrinya menjadi anak yang shaleh, pintar, berbakti, dan hal-hal baik lainnya.

Ijazah tersebut ialah menghadiahi Surat Al-fatihah kepada anak-anak, caranya dengan membaca, “Ila Ruhi wal Jasadi (nama-anak) Al-Fatihah.” Dibaca sebanyak 7 kali setelah mengerjakan shalat, jika tidak sanggup mengerjakan sebanyak 7 kali, maka minimal dikerjakan sebanyak satu kali sehabis shalat.

Cara lain ialah membacakan kalimat basmalah (Bismillahirrahmanirrahim) sebanyak 786 kali dan Surat Al-Fatihah sebanyak 70 kali pada sebuah air, lalu air tersebut diminumkan kepada sang anak. Cara ini juga bisa dipakai ketika hendak menjenguk anak di pondok pesantren.

“Insyaallah, semoga Allah SWT mengijabahi do’a kita,” kata KH Ulil Albab Arwani.


Editor: Daniel Simatupang