Sifat Khusus Baginda Nabi Muhammad

 
Sifat Khusus Baginda Nabi Muhammad
Sumber Gambar: Ilustrasi/Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Satu tahun lalu, kami bertiga bermaksud silaturahim dan meng-ces hati dan pikiran kepada cucu Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari, Gus Zaki. Sekaligus kami menghantarkan coretan-coretan pendek untuk ditashih dan dikritik oleh beliau. Saat pamit undur diri, tiba-tiba almarhum Gus Zaki meminta kami bertiga untuk menyalin ulang Sifat Khusus Nabi yang tercantum dalam bundel maha karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari, bernama Irsyad As-Sari.

Beliau ndawuhi kami, "Ayo bareng-bareng kita amal Jariyah, sampean seng nulis, aku seng nge-share (kamu yang menulis, aku yang share). Mungkin sebab ini, kita mendapatkan Syafa'at Agung Kanjeng Nabi dan kita semua terhindar dari wabah, khususnya virus Korona."

Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari sosok yang sangat mencintai dan meneladani Kanjeng Rasul Muhammad. Kecintaan beliau kepada sosok Nabi akhir zaman bukan hanya sekedar ucapan "Saya mencintai Nabi", melainkan lebih dari itu. Semua Ahwal dan teladan Nabi Muhammad beliau lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi Hadratussyaikh seorang Muhaddis, sehari-harinya bermesaraan dengan Kalam Rasulullah yang penuh hikmah dan kebijaksanaan.

Hadratussyaikh juga tidak egois dalam membuktikan rasa cintanya kepada Kanjeng Rasul. Beliau menularkan ilmu, pengetahuan, tata cara bagaimana menjadi pecinta hakiki Nabi Muhammad. Maka beliau menulis beberapa karya yang berkaitan dengan jasad suci, Nabi Muhammad. Karya-karya tersebut berikut ini:

1. Kitab An-Nur Al-Mubin, di dalamnya, Hadratussyaikh menjelaskan siroh perjalanan hidup Nabi Muhammad, dari masa kelahiran, Keluarga, istri-istri, putra-putra, ahlak mulia-nya hingga kewafatan baginda Nabi.

2. Kitab At-Tanbihat al-Wajibat, kitab refleksi perayaan Maulid Nabi Muhammad. Dituturkan di dalamnya, tata cara merayakan maulid nabi yang sesuai dengan syariat.

3. Catatan Khosois lan Sifat Nabi. Terakhir ini, yang akan dibahas dalam catatan kecil ini.

Catatan "Khosois lan Sifat Nabi" ini ditulis oleh Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari pada Ahad, 8 Sya'ban 1359 H atau 15 Sep 1940 M. Catatan ini hanya berjumlah satu lembar, namun isinya sangat berbobot. Hadratussyaikh menulis di dalamnya hadis riwayat Abi Hurairah yang bertanya kepada Sayyidina Ali tentang karakteristik Nabi Muhammad.

Jika diteliti lebih lanjut, hadis ini disebutkan oleh guru pengarang Fathul Mu'in yaitu Imam Al-Faqih Ibnu Hajar Al-Haitami (W. 974 H) dalam karya monumentalnya An-Ni'mat Al-Kubra 'ala al-' Alam fi Maulidi Sayyid Al-'Anam (Nikmat terbesar di alam semesta raya, Lahirnya Pemimpin manusia, Nabi Muhammad). Tercantum pada halaman 15, Cetakan Kitabevi Turki, salah satu penerbit Aswaja di Turki.

Sifat karakteristik Nabi Muhammad yang tercantum pada hadis tersebut mencakup sifat sensualitas (Hissiyah), Sifat Moralitas (Khuluqiyyah), dan sifat Rohaniah (Ma'nawiyyah).

Salah satu hal yang dikemukakan hadis tersebut (yang dinukil Hadratussyaikh) adalah, Nabi Muhammad itu sosok yang (حلو الكلام) manis gaya bertuturnya, tidak kasar, tidak menyakiti orang lain. Baginda Rasul sosok yang (واسع الصدر) lapang dada, hatinya selalu bergembira. Kanjeng Rasul juga sosok (غافر العثرات) pemaaf kesalahan dan keluputan orang lain. Ini diantara sifat Khuluqiyyah yang sepatutnya diamalkan oleh kita semua.

Adapun yang tertulis di pinggiran hadis tersebut adalah sebagian intisari syair yang termaktub dalam kitab Maraq Al-'Ubudiyyah Syarah Bidayah Hidayah karya Syaikh Nawawi Banten.

Faidah syair tersebut (seperti yang dituturkan oleh Syaikh Nawawi) adalah:

هَذِه الْخَصَائِصَ فَاحْفَظْهَا تَكُنْ أٰمِنًا # مِنْ شَرِّ نَـارٍ وَسُرَّاقٍ وَمِـنْ مِحَنِ

Ini semua merupakan keistimewaan beliau, hendaknya engkau hapalkan bait tersebut, niscaya engkau mendapat perlindungan dari bahaya kebakaran, pencurian dan musibah.

Maka, pada bagian bawah catatan ini, Hadratussyaikh menuliskan faidah catatan ini.

"Barang siapa yang meletakkan (catatan ini) di rumahnya dengan tujuan mahabbah/cinta dan memuliakan Nabi Muhammad. Insyaallah terselamatkan dari bala' dunia, rizki dan pekerjaannya diberkahi, serta mendapat Syafa'at Kanjeng Nabi Muhammad di dunia dan akhirat."

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد صلاة أهل السموات والأرضين أجر يارب لطفك الخفي في أمري وأمر المسلمين.

Alfatihah untuk Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari dan Gus Zaki.

Download Catatan Khosois lan Sifat Nabi, KLIK DI SINI.

10 Rabiul Awal 1443 H,

Oleh: Gus Ilham Zihaq


Editor: Daniel Simatupang