Ziarah Makam Syeikh Imam Nawawi Al-Bantani

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam Syeikh Imam Nawawi Al-Bantani
Sumber Gambar: Capture Youtube Mang Alex Channe

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta –Syekh Nawawi adalah salah satu ulama Indonesia yang bertaraf internasional, keluasan ilmunya diakui oleh ulama dunia. Bahkan beliau ditunjuk sebagai imam besar Masjidil Haram menggantikan Syaikh Achmad Khotib Al-Syambasi.

Nama beliau masyhur didengungkan sebagai “Bapak Kitab Kuning Indonesia”, nama beliau disebut-sebut di negara timur tengah seperti Suriah, Mesir, Turki, hingga Hindustan. Selain itu, hampir semua karya beliau menjadi rujukan di semua lembaga pendidikan Islam di dunia, khususnya di Indonesia.

Profil
Syeikh Imam Nawawi Al-Bantani lahir pada tahun 1230 H/1815 M di Tanara, Banten, beliau lahir dengan nama Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin ‘Umar bin Arabi al-Jawi al-Bantani. Syekh Imam Nawawi merupakan putra dari Syeikh Umar Al-Bantani yang nasabnya tersambung hingg Maulana Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati).

Syeikh Nawawi Al-Bantani sangat rajin dalam menulis, beliau menulis kitab dari berbagai disiplin ilmu. Hal tersebut membuktikan betapa cerdas dan alimnya beliau. Berikut beberapa kitab beliau yang mu’tabar, di antaranya ialah Tafsir Marah Labid, Atsimar al-Yaniah fi Ar-Riyadah al-Badiah, Nurazh Sullam, al-Futuhat al-Madaniyah, dan al-Aqdhu Tsamin.

Syekh Nawawi juga merupakan guru dari ulama-ulama besar di Indonesia, di antara beberapa muridnya beliau adalah Syaikhona Kholil Bangkalan, Syeikh Muhammad Mahfudz At-Tarmasi, KH. Sholeh Darat, Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah), dan masih banyak lagi.

Setahun setelah pemakaman Syeikh Nawawi dilakukan, sebagaimana peraturan pemerintah Arab, maka makam tersebut dibongkar lalu tulang-tulangnya akan dipindahkan bersama tulang-tulang mayat lainnya. Selanjutnya akan dikuburkan kembali di tempat lain di luar kota.

Peraturan tersebut berlaku tanpa pandang bulu, begitu juga yang menimpa makam Syekh Nawawi. Ketika petugas datang dan menggali makam Syeikh Nawawi, terjadi hal yang sangat mengejutkan. Jasad Syeikh Nawawi terlihat masih utuh, seperti tak terjadi tanda-tanda pembusukan pada jasadnya. Lazimnya tubuh manusia akan membutuhkan waktu 1-2 bulan untuk pembusukan.

Setelah diketahui bahwa makam tersebut bukan makam orang sembarangan, maka pemerintah Arab Saudi melarang membongkar makam Syeikh Nawawi. Akhirnya, makam beliau tetap berada di Ma’la, Makkah.

Bagi jamaah Haji dari Indonesia, tak lengkap rasanya jika belum berziarah ke makam Syeikh Imam Nawawi Al-Bantani, terlebih lagi di pekuburan Ma’la terdapat makam guru kita tercinta, KH Maimoen Zubair.
 

Lokasi Makam
Syeikh Imam Nawawi Al-Bantani wafat pada 25 Syawal 1314 H/1897 M di usia 84 tahun di Syeib A’li, sebuah kawasan di pinggiran Kota Makkah. Makam Syeikh Nawawi terletak di Jannatul Mu'alla (pemakaman Ma’la).

Pemakaman Ma’la terletak sekitar 500 meter dari Masjidil Haram. Untuk berziarah ke makam Syeikh Nawawi cukup dari Masjidil Haram ke arah Terminal Sheb Amir kemudian menyeberang sekitar 100 meter. Makam Syeikh Nawawi berupa gundukan tanah dan terdapat sebongkah batu, tidak seperti makam-makam yang terdapat di Indonesia.

 

Haul
Haul Syeikh Nawawi Al-Bantani tetap dilakukan setiap tahun walau beliau wafat di Makkah, haul diselenggarakan di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Banten asuhan KH. Ma’ruf Amin (Dzuriyyah Syeikh Nawawi). Para jamaah yang hadir tak hanya dari dalam negeri, bahkan jamaah dari negara tetangga juga turut hadir dalam haul Syeikh Nawawi.
 

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi Banten
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Oleh-oleh
Oleh-oleh makanan khas berbagai macam di Mekkah yang bisa di bawa pulang di antaranya: kurma, kacang Arab, air Zam-zam, ma’moul, kismis, kacang almond, lokum.

 


Editor: Daniel Simatupang

 

yang Sudah Mengunjungi Ziarah Makam Syeikh Imam Nawawi Al-Bantani

  • Ahmad Muthohar Ahmad Muthohar