Makna Telinga yang Berdenging

 
Makna Telinga yang Berdenging
Sumber Gambar: Ksenia Chernaya/Pexels (foto ilustrasi)

Laduni.ID, Jakarta - Hampir semua orang pernah merasakan telinganya baik yang kanan maupun yang kiri berdenging, sebagai firasat atau sebuah indikasi yang menunjukan sesuatu yang bakal terjadi.

Lantas apa sebabnya telinga berdenging?, karena ada yang mengatakan dengan tidak berpedoman, bertahayul dan sangkaan jelek terhadap Hal itu.? Berikut ini makna telinga yang berdenging dilansir dari Kitab Azizi 'alal Jamiushoghir.

Sesungguhnya suara "Nging" dalam telinga, itu adalah Sayyidina Muhammad SAW sedang menyebut orang yang telinganya bersuara "Nging" Dalam perkumpulan yang tertinggi (Malail A'laa) dan supaya dia ingat pada Sayyidina Muhammad SAW dan membaca sholawat:

إِذَا ظَنَّتْ أُذُنُ أَحَدِكُمْ فَلْيَذْكُرْنِي وَالْيُصَلِّ عَلَيَّ، وَالْيَقُلْ: ذَكَرَ اللهُ مَنْ ذَكَرَنِي بِخَيْرِ

"Jika telinga salah seorang kalian berdenging (nging) maka hendaklah dia mengingat Aku (Rasulullah SAW) dan membaca Shalawat kepadaKu.

Serta mengucapkan "Dazakarallahu Man Dzakaronii Bikhoir”

(Allah ta'ala akan mengingat yang mengingatku dengan kebaikan)"

Imama Nawawi berkata: Sesungguhnya Telinga itu berdenging hanya ketika datang berita baik ke Ruh. Bahwa Sayyidina Rasululloh SAW telah menyebutkan orang (pemilik telinga yang berdenging) tersebut dengan kebaikan di Al Mala'al A'la (Majlis Tertinggi) di Alam Ruh.


Sumber: Kitab Azizi 'alal Jamiushoghir
Editor: Nasirudin Latif