Ini Amalan Agar Tidak Sakit Saat Sakaratul Maut dari Abah Guru Zuhdi

 
Ini Amalan Agar Tidak Sakit Saat Sakaratul Maut dari Abah Guru Zuhdi
Sumber Gambar: kalhh / Pixabay (foto ilustrasi)

Laduni.ID, Jakarta Kematian adalah salah satu fase di mana semua makhluk yang hidup di dunia akan mengalaminya. Kematian akan menjemput semua makhluk hidup ciptaan Tuhan dengan cara yang beragam. Ada tahap yang disebut dengan sakaratul maut.

Sakaratul maut merupakan suatu keadaan di mana ruh secara perlahan berpisah dari jasad manusia. Sakaratul maut adalah suatu proses pencabutan nyawa sesorang yang tidak hanya dirasakan oleh jiwanya, namun juga dirasak oleh tubuhnya juga dengan rasa kadar rasa sakit yang berbeda-beda.

Rasa sakit ketika sakaratul maut yang dirasakan oleh setiap yang meninggal tidak dapat digambarkan bagaimana rasa sakit yang dirasakan. Kecuali bagi orang yang telah menemui ajalnya.

Dijelaskan oleh Almarhum Abah Guru Zuhdi mengutip Imam Ghazali berkata: “Saat kematian, yang menyakitimu bukan ruh yang diambil. Tapi Cintamu pada dunia lah yang menyakitimu"

“Bahwasanya ruh tidak akan sakit saat dicabut apabila kita terbiasa ketika semasa hidupnya menerima segala kehendak Allah SWT. Diambil kesehatan, kekayaan, kehormatan, belajar mengerti. Maka dari itu amalkan lah mengerti saat kehilangan.”

“Saat kita sudah terbiasa dengan amalan mengerti, maka kematian bahkan adalah hari kebahagiaan yang dinanti orang orang sholeh. Karena mereka selalu menerima khobar bahwa diakhirat itu nikmat nya luar biasa, mereka tidak pernah mencintai dunia. Dunia dipegang, tapi tidak dicintai.

Dunia seperti batu, akhirat itu berlian. Maka tidak masalah batu kita diganti berlian? ada yang lebih bagus. Akhirat lebih bagus dari dunia. Saat hati memilih akhirat, husnul khotimah, insya allah.

Mudah-mudahan berkat Rasulullah SAW, Abah guru Zuhdi dan para orang sholeh, kita semua selamat dunia dan akherat amin.


Sumber: Dikutip dari Instagram @ abahguruzuhdi.gallery
Editor: Nasirudin Latif