Ijazah Shalawat Manshub dari Habib Sholeh Tanggul untuk Memudahkan Segala Urusan

 
Ijazah Shalawat Manshub dari Habib Sholeh Tanggul untuk Memudahkan Segala Urusan
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Terdapat berbagai macam lafadh shalawat yang ditujukan untuk memuji Baginda Nabi Muhammad SAW, sekaligus sebagai bentuk penghormatan.

Selain karena merupakan perintah Allah SWT agar kita bershalawat, membaca shalawat juga diungkapkan untuk menyatakan cinta dan rindu kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Puncaknya, adalah mendapat ridho Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Lebih dari itu, berbagai macam shalawat itu juga menyimpan rahasia tersendiri, bahkan mengandung khasiat dan manfaat secara langsung bisa dirasakan di dunia. Misalnya, dengan membaca shalawat tertentu dari ijazah seorang wali atau kekasih Allah, maka akan dimudahkan segala urusan, dikabulkan segala hajat, dll. 

Adalah Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul, salah satu wali atau kekasih Allah SWT yang pernah memberikan ijazah shalawat yang masyhur disebut dengan Shalawat Al-Manshub. Shalawat tersebut digubahnya dan telah diamalkan oleh para jamaah dan pecintanya. Banyak orang merasakan manfaat atas amalan Shalawat Al-Manshub yang dibaca setiap selesai melaksanakan shalat. 

Diyakini dapat memudahkan segala urusan dan melancarkan rezeki dari Allah SWT, berikut lafadh Shalawat Al-Manshub karya Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul: 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تَغْفِرُ بِهَا الذُّنُوْبَ، وَتُصْلِحُ بِهَا الْقُلُوْبَ، وَتَنْطَلِقُ بِهَا الْعُصُوْبُ، وَتَلِيْنُ بِهَا الصُّعُوْبُ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ إِلَيْهِ مَنْسُوْبٌ

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad yang dengannya Engkau ampuni kami, Engkau perbaiki hati kami, menjadi lancar urat-urat kami, menjadi mudah segala kesulitan, juga kepada keluarganya dan para sahabatnya beserta orang-orang dimansubkan (dinisbatkan) kepadanya.”

Sebagaimana telah diamalkan oleh banyak orang, amalan Shalawat Al-Manshub ini dibaca 11 kali setiap selesai shalat fardlu. Diyakini bahwa siapapun yang istiqomah dalam membacanya, akan diberikan kebahagiaan dunia akhirat, dimudahkan segala urusannya, dilembutkan hatinya, diberkahi anak turunnya, diberikan rezeki yang tidak disangka-sangka, diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah, dan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang disebut "La khoufun 'alaihim wa la hum yahzanun" (tidak ada ketakutan lagi bagi mereka dan tidak pula mereka bersedih hati).

Demikianlah ijazah Habib Sholeh Tanggul yang berupa amalan membaca Shalawat Al-Manshub. Semoga kita dapat mendapat ridho dari Allah, meraih syafaat Rasullullah, merasakah karomah para Waliyullah (kekasih Allah), dan mendapatkan keberkahan para kyai dan habaib serta wasilah (ketersambungan) doa orang tua kita. Amin. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 24 Oktober 2022. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim