Ingin Berbuat Dosa? Ingat Tiga Hal Ini

 
Ingin Berbuat Dosa? Ingat Tiga Hal Ini
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta – Mungkin selama ini kita malu untuk berbuat maksiat secara terang-terangan kepada teman, orang tua, istri, anak-anak dan malu dihadapan orang-orang yang kita kenal. Akan tetapi kita tidak malu dengan dzat yang maha melihat dan maha mengetahui isi hati kita sebelum melakukannya.

Namun, ada juga orang yang berbuat maksiat secara terang-terangan dan dengan bangganya mengumbar dosanya dengan siapapun. Padahal perbuatan seperti ini merupakan salah satu perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Orang-orang seperti ini kelak akan diberi balasan yang sangat pedih. Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang merasa bangga dengan perbuatan dosanya maka Allah SWT akan melemparkannya ke dalam neraka dalam keadaan ketakutan. Dan barangsiapa yang bersedih terhadap ketaatan yang dilakukannya maka Allah akan memasukannya ke dalam surga dalam keadaan bahagia.”

Perbuatan maksiat atau dosa seharusnya diiringi dengan penyesalan dan segera mengharap ampunan Allah SWT dengan bertaubat. Bukan dengan bangganya malah mengumbar di hadapan manusia karena ini merupakan perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Perbuatan maksiat pertama kali dilakukan oleh Nabi Adam AS. Beliau melanggar perintah Allah SWT untuk tidak mendekati salah satu pohon di Surga. Namun dengan bujuk dan rayuan syaithan akhirnya beliau mendekati dan memakan buah pohon tersebut. Iblis menyebutnya pohon keabadian (pohon khuldi).

Awalnya Nabi Adam AS menolak tawaran syaithan mendekati pohon tersebut, namun dengan desakan sang istri Hawa akhirnya beliau mendekati pohon itu. Nabi Adam AS dan Hawa akhirnya diturunkan ke Bumi karena telah melanggar larangan Allah SWT.

Maka, jika ingin terhindar dari maksiat, ketika ingin melakukannya ingatlah tiga hal ini: (1.) Bahwa Allah SWT selalu melihat, (2.) Malaikat selalu mencatat, dan (3.) Kematian datang kapan saja tidak ada yang mengetahuinya.


Editor: Nasirudin Latif