Biografi KH.R. Moch Burhan

 
Biografi KH.R. Moch Burhan
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren Cijawura

3          Penerus Beliau
3.1       Murid-murid Beliau

4          Organisasi, Karier, dan Karya
4.1       Riwayat Organisasi
4.2       Karier Beliau
4.3       Karya Beliau

5          Referensi

6          Chart Silsilah Sanad

1          Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir
KH.R. Moch Burhan dilahirkan pada tahun 1901. Beliau adalah pendiri Pesantren Cijawura Bandung, sebagai cucu pendiri Pesantren Keresek Garut.
KH.R. Moch Burhan merupakan seorang kiai yang mempunyai peranan penting dalam aktivitasnya mengembangkan agama Islam khususnya di daerah Cijawura Hilir, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung.

1.2       Riwayat Keluarga
Dua tahun setelah mengajar di Cijawura, KH.R. Moch Burhan dinikahkan dengan putrinya Abah Haji Syukur yang bernama Ibu Hj Kultsum.
 

1.3       Wafat
Beliau wafat pada 27 Ramdhan 1412 H, yakni Tahun 1991, di makamkan di pemakaman Cijawura Bandung.

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
Latar belakang pendidikan KH.R Moch Burhan pernah bersekolah di SD Cibatu Garut. Tahun 1914 melanjutkan melanjutkan mondok di Pondok Pesantren Keresek, Garut selama 4 tahun di bawah bimbingan KH. Ahmad Nahrawi.

Setelah dianggap mampu memahami dasar-dasar agama, KH.R. Moch Burhan  melanjutkan ke Pondok Pesantren Fauzan Cisurupan, Garut (KH. Umar Bashri). Dan tahun 1920-1925 beliau melanjutkan tholabul ilmi di Pondok Pensantren Sukamiskin, Kota Bandung.

Pada saat mondok di Sukamiskin KH.R. Moch Burhan  pernah diangkat menjadi Wakil Ajengan dari KH.R Ahmad Dimyati (pengasuh Ponpes Sukamiskin). Di samping itu juga atas perintah dari KH.R. Ahmad Dimyati, beliau mendapat permintaan dari Abah Haji Syukur untuk mengajar di Cijawura. Abah haji syukur merupakan tokoh yang disegani oleh masyarakat Cijawura sekaligus merupakan menantu dari abah H. Mu’min.

Dua tahun setelah mengajar di Cijawura, KH.R. Moch Burhan dinikahkan dengan putrinya Abah Haji Syukur yang bernama Ibu Hj Kultsum. Setelah menikah, beliau belum menetap di Cijawura, atas petunjuk dari gurunya KH.R. Ahmad Dimyati, KH.R. Moch Burhan  melanjutkan pendidikan pesantren ke Gentur, Cianjur yang diasuh oleh KH. Satibi selama beberapa tahun untuk memperdalam ilmu Falaq.

Setelah tholabul ilmi pendidikan pesantren di Gentur, Cianjur, beliau melanjutkan pendidikan pesantrennya ke Pondok Pesantren Cijerah, Bandung dan pesantren Sempur, Purwakarta di bawah asuhan KH. Tubagus Bakri.
 

2.2       Guru-guru Beliau
Guru-guru Beliau saat muda melalang buana menuntut ilmu adalah:

  1. KH. Ahmad Nahrawi.
  2. KH. Umar Bashri
  3. KH.R Ahmad Dimyati
  4. Abah Haji Syukur
  5. KH. Satibi
  6. KH. Tubagus Bakri.

2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren
Sekitar tahun 1930, KH.R. Moch Burhan  bersama Abah Haji Syukur mendirikan sebuah pesantren di Cijawura yang sekarang menjadi Pondok Pesantren Margasari Cijawura. Melalui pesantren yang didirikannya beliau dapat membimbing anak serta masyarakat untuk mulai berdakwah. Terlebih KH.R. Moch Burhan dalam menjalankan dakwahnya berusaha untuk memahami bagaimana kondisi masyarakat Cijawura yang pada saat itu masih sangat minim dalam menguasai agama Islam sehingga beliau melakukan dakwah di Cijawura dengan cara perilaku dan perbuatan yang dapat dilihat dan dicontoh oleh masyarakat awam.

3          Penerus Beliau

3.1       Murid-murid Beliau
Murid-murid Beliau adalah para santri di Margasari Cijawura

4          Organisasi, Karier, dan Karya

4.1       Riwayat Organisasi
Beliau selain aktif di pesantren, beliau aktif juga di bidang pendidikan dan dakwah dan juga berkecimpung di organisasi dengan menjabat sebagai Rais Syuriah PCNU Kab. Bandung, dan Rais Musytasar PWNU. Pada masa Tatar Sunda bergejolak tahun 1950-an, KH.R. Moch Burhan  diangkat sebagai salah seorang penasihat pada Lembaga Kesejahteraan Umat (LKU) dan pada saat Majelis Ulama Jawa Barat berdiri tahun 1958, beliau menjabat sebagai Bendahara II.

Menjelang kelahiran Majelis Ulama Jawa Barat, KH. R. M. Burhan memang aktif mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh ulama, seperti pertemuan di Pesantren Sindangsari, yang sekarang dikenal dengan nama al-Jawami Cileunyi Bandung. Dalam pandangan ulama pendiri Pesantren Salafiah Cijawura ini, Majelis Ulama hendaknya menjadi wadah pembinaan dan pendalaman agama bagi masyarakat luas.
 

4.2       Karier Beliau
Pengasuh pesantren Margasari Cijawura
 

4.3       Karya Beliau
Selain itu, KH.R. Moch Burhan  menghasilkan beberapa karya, salah satunya menulis kitab diantaranya:

  1. Kitab Al-Qowa’id Al-Nahwiah
  2. Kitab Jubad
  3. Kitab Al-Bidayat Al-Hidayat.

5     Referensi

https://muijabar.wordpress.com/category/tokoh/

6.    Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad murid KH.R. Moch Burhan dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 21 Januari 2021, dan terakhir diedit tanggal 09 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya