Kisah Wali Ghaust yang Masyhur dan Kasyafnya yang Salah Tentang Kedatangan Mahdi

 
Kisah Wali Ghaust yang Masyhur dan Kasyafnya yang Salah Tentang Kedatangan Mahdi
Sumber Gambar: dok. pribadi/FB Fauzan Inzaghi

Laduni.ID, Jakarta – Pada sebuah zaman, hiduplah seorang ulama besar bernama Maulana Khalid An-Naqsabandy QS. Beliau adalah ulama yang hampir disepakati oleh ulama zahir dan batin sebagai seorang ghaust, baik oleh ulama se-zamannya atau maupun setelahnya. Dalam dunia thariqah, beliau dikenal sebagai salah satu mujadid besar Thariqah Naqsabandiyah, salah satu furu thariqah yang terkenal di dunia dan terbesar di Indonesia.

Maulana Khalid An-Naqsabandy juga adalah seorang mutafanin yang menguasai hampir semua bidang ilmu agama, bahkan dalam setiap bidang ilmu agama beliau setidaknya memiliki satu karya. Dalam ilmu kalam beliau menulis Syarah Aqidah Adhudiyah, dalam ilmu tasawuf beliau menulis Risalah Khalidiyah, dalam hadis beliau menulis Hasyiah Ala Jam'il Fawaid, dalam ilmu fikih beliau menulis Hasyiah atas Nihayah Muhtaj, dalam bahasa arab beliau mensyarah Maqamat Hariry, dan masih banyak lagi karya beliau.

Selain penguasaan terhadap ilmu yang sangat hebat, Maulana Khalid An-Naqsabandy juga memiliki keahlian dalam berdakwah dan beliau termasuk sebagai Wali masyhur atas pengakuan para ulama zahir dan batin. Atsar atau hasil dakwah beliau juga terlihat di seluruh dunia, itu adalah bukti keikhlasan hati di masa hidupnya.

  • Baca juga: 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN