Keutamaan Shalat Sunnah Tarawih

 
Keutamaan Shalat Sunnah Tarawih
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Shalat Tarawih merupakan salah satu amalan sunnah yang hanya bisa dikerjakan saat malam hari pada bulan puasa Ramadhan. Jadi, shalat Tarawih tidak bisa dikerjakan di selain bulan Ramadhan. Karena itu, sangat disayangkan jika kesempatan berharga untuk melaksanakan ibadah yang istimewa itu terlewatkan begitu saja.

Ada banyak sekali keutamaan shalat tarawih bagi setiap orang yang mengerjakannya. Beberapa di antara keutamaannya adalah berikut ini: 

Pertama, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu bagi siapa saja yang melakukan shalat Tarawih dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dan ridha Allah semata. Bukan karena riya’ dan sum’ah (ingin dilihat dan didengar amal kebaikannya oleh orang lain. Hal ini berdasarkan Hadis berikut:

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻰ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻﻠّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠّﻢ: ﻣَﻦْ ﻗَﺎﻡَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺇِﻳﻤَﺎﻧًﺎ ﻭَﺍﺣْﺘِﺴَﺎﺑًﺎ ﻏُﻔِﺮَ ﻟَﻪُ ﻣَﺎ ﺗَﻘَﺪَّﻡَ ﻣِﻦْ ﺫَﻧْﺒِﻪِ

"Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa melakukan Qiyam Ramadhan (yakni shalat malam pada bulan Ramadhan) karena iman dan mengharap pahala dan ridho Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN