Nama-nama Setan dan Tugasnya

 
Nama-nama Setan dan Tugasnya
Sumber Gambar: Ilustrasi foto setan (foto ist)

Laduni.ID, Jakarta - Allah SWT telah mengingatkan kepada kita agar senantiasa berhati-hati terhadap tipu daya oleh iblis. Bahkan dalam Al-Qur’an surat Yasin ayat 60 disebutkan dengan jelas bahwa setan adalah musuh yang nyata bagi manusia.

اَلَمْ اَعْهَدْ اِلَيْكُمْ يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ اَنْ لَّا تَعْبُدُوا الشَّيْطٰنَۚ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ (٦٠)

Artinya: Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah syaitan? Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu, (QS. Yasin ayat 60).

Terdapat banyak sekali jenis-jenis setan dan memiliki tugas dan fungsi yang berbeda dalam menggoda manusia terhadap kesesatan. Berikut ini nama-nama setan dan tugasnya.

Umar Bin Khatthab RA berkata: “anak keturunan syetan itu ada 9 yaitu Zalitun, Watsin, Laqus, A’wan, Haffaf, Murroh, Masuth, Dasim, dan Walhan

1. Setan Zalitun bertugas menggoda penghuni pasar dalam transaksi jual beli dengan menyuruh untuk melakukan kedustaan, penipuan, memuji-muji barang dagangan, mencurangi timbangan, dan bersumpah palsu.

2. Setan Watsin bertugas menggoda manusia yang tertimpa musibah agar tidak bersabar sehingga yang bersangkutan berteriak histeris, menampar-nampar pipi, dan lain sebagainya.

3. Setan A’wan bertugas menggoda para penguasa untuk bertindak dholim.

4. Setan Haffaf bertugas membujuk dan menggoda orang untuk meneguk minuman keras.

5. Setan Murroh bertugas menggoda agar orang asyik bermain seruling dan alat musik berikut nyannyiannya

6. Setan Laqus bertugas menggoda orang untuk menyembah api.

7. Setan Masuth bertugas menyebarkan berita dusta lewat mulut manusia sehinggaa tidak bisa ditemukan berita yang sebenarnya

8. Setan Dasim bertugas di dalam rumah ketika seseorang masuk kedalamnya tanpa mengucapkan salam, tidak pernah menyebut nama Allah didalamnya, setan tersebut akan menimbulkan perselisihan sehingga akan terjadi talak, khulu’ dan pemukulan. (menciptakan ketidak harmonisan dalam rumah tangga)

9. Setan Walhan bertugas menggoda dan mengacaukan manusia dalam berwudlu, shalat dan dalam ibadah-ibadah yang lain


Source: Nashoikhul Ibad 57-58