Biografi Habib Salim bin Ahmad bin Jindan

 
Biografi Habib Salim bin Ahmad bin Jindan
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Daftar Isi Biografi Habib Salim bin Ahmad bin Jindan

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Nasab
1.4  Wafat

2.    Sanad Keilmuan
2.1  Guru-guru

3.    Penerus
3.1  Anak-anak
3.2  Murid-murid

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Perjalanan Dakwah
4.2  Berperan dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
4.3  Menjadi Ahli Sejarah pada Masanya
4.4  Fatwa Habib Salim bin Ahmad bin Jindan

5.    Karya-karya
6.    Teladan
7.    Referensi

 

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Habib Salim bin Ahmad bin Husain bin Sholeh bin Abdullah bin Umar bin Abdullah (bin Jindan) bin Syaikhan bin Syaikh Abu Bakar bin Salim atau yang kerap dipanggil dengan Habib Salim bin Jindan lahir di Surabaya pada 18 Rajab 1324 atau pada 7 September 1906.

1.2 Riwayat Keluarga
Dari pernikahan Habib Salim bin Ahmad bin Jindan, beliau dikaruniai beberapa anak di antaranya adalah:

  1. Habib Novel bin Salim bin Ahmad bin Jindan
  2. Habib Shalahudin bin Salim bin Ahmad bin Jindan
  3. Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan
  4. Fatimah binti Salim bin Ahmad bin Jindan

1.3 Nasab
Habib Salim bin Ahmad bin Jindan masih keturunan dari Nabi Muhammad Rasulullah SAW, dengan silsilah sebagai berikut:

  1. Nabi Muhammad Rasulullah SAW.
  2. Sayyidah Fathimah Az-Zahra Istri Ali bin Abi Thalib KW
  3. Al-Imam Al-Husain
  4. Al-Imam Ali Zainal Abidin
  5. Al-Imam Muhammad Al-Baqir
  6. Al-Imam Ja’far Shadiq
  7. Al-Imam Ali Al-Uraidhi
  8. Al-Imam Muhammad An-Naqib
  9. Al-Imam Isa Ar-Rumi
  10. Al-Imam Ahmad Al-Muhajir
  11. As-Sayyid Ubaidillah
  12. As-Sayyid Alwi
  13. As-Sayyid Muhammad
  14. As-Sayyid Alwi
  15. As-Sayyid Ali Khali’ Qasam
  16. As-Sayyid Muhammad Shahib Mirbath
  17. As-Sayyid Ali
  18. As-Sayyid Al-Imam Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad
  19. As-Sayyid Al-Imam Alwi Al-Ghuyur
  20. As-Sayyid Ali Shohibud Dark
  21. As-Sayyid Muhammad Maula Ad-Dawilah
  22. As-Sayyid Abdurrahman As-Sagaf
  23. As-Sayyid Abdullah
  24. As-Sayyid Abdurrahman
  25. As-Sayyid Abdullah
  26. As-Sayyid Salim
  27. As-Sayyid Syaikh Abu Bakar
  28. As-Sayyid Syaikhan
  29. As-Sayyid Jindan
  30. As-Sayyid Abdullah
  31. As-Sayyid Umar
  32. As-Sayyid Abdullah
  33. As-Sayyid Saleh
  34. As-Sayyid Husain
  35. As-Sayyid Ahmad
  36. As-Sayyid Salim atau Habib Salim bin Ahmad bin Jindan

1.4 Wafat
Habib Salim bin Jindan wafat di Jakarta pada 16 Rabiulawal 1389 atau pada 1 Juni 1969. Ketika itu ratusan ribu kaum muslimin dari berbagai pelosok datang bertakziah ke rumahnya di Jalan Otto Iskandar Dinata, Jakarta Timur. Iring-iringan para pelayat begitu panjang sampai ke Condet. Jasad beliau dimakamkan di kompleks Masjid Al-Hawi, Condet, Jakarta Timur.

2. Sanad Keilmuan

Sejak kecil beliau mendapat pendidikan agama dari ayahandanya. Menginjak usia remaja Habib Salim bin Ahmad bin Jindan memperdalam agama kepada banyak guru, di antaranya adalah Habib Abdullah bin Muhsin Al-Attas (Habib Empang, Bogor), Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor (Bondowoso), Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Surabaya), Habib Abubakar bin Muhammad As-Segaf (Gresik), KH. Kholil bin Abdul Muthalib (Mbah Kholil Bangkalan), dan Habib Alwi bin Abdullah Syahab di Tarim, Hadramaut.

Selain itu, beliau juga berguru kepada Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bil Fagih, seorang ahli hadis dan fuqaha, yang saat itu juga memimpin Madrasah Al-Khairiyah di Surabaya. Kemudian dilanjutkan menuntut Ilmu di Makkah, Tarim dan beberapa negara Timur Tengah.

Beliau juga rajin menghadiri beberapa majelis taklim yang digelar oleh para ulama besar. Kalau dihitung, sudah ratusan ulama besar yang beliau kunjungi. Dari perjalanan intelektual itu, Habib Salim mampu menguasai berbagai ilmu agama, terutama hadits, tarikh dan nasab. Beliau merupakan seorang ahli hadis yang menghafal sekitar 70.000 Hadis dan juga seorang ahli sejarah.

Tak kurang dari 400 guru, baik dari kalangan Sayyid maupun yang bukan Sayyid. Semuanya dicatat dalam banyak karya beliau yang menjelaskan sanad dan silsilah keilmuan.

Mengenai guru-gurunya itu, Habib Salim pernah berkata, "Aku  telah berjumpa dengan mereka semua, aku telah hadir di majelis-majelis mereka dan sungguh majelis-majelis mereka menyerupai majelisnya para Sahabat Rasulullah SAW, kekhusyu'an, ketentraman dan kebahagiaan serta kewibawaan dan keagungan dirasakan di dalam hati. Sungguh siapapun yang memandang wajah mereka akan langsung mengingat Allah."

Adapun guru yang paling berkesan di hati beliau ialah Habib Alwi bin Muhammad Al-Haddad dan Habib Abubakar bin Muhammad As-Sagaf. Tentang mereka, Habib Salim pernah berkata, "Sungguh cukup keduanya sebagai panutan yang terbaik untuk kami dan anak-anak kami."

2.1 Guru-guru
Guru-guru beliau yang masih ada selama hidupnya di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Habib Ali bin Mushthafa ibn Asy-Syeikh Abi Bakar, ayah dari ibu
  2. Habib Muhammad bin Ahmad Al-Mihdhar
  3. Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bil Faqih
  4. KH. Ahmad bin Hamid Al-Marzuqi Sawahan
  5. KH. Cholil bin Abdul Lathief, Bangkalan
  6. Habib Muhammad bin Abdurahman Al-Baar, Ternate
  7. KH. Muhammad Arsyad At-Thawiil, Manado
  8. Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf, Gresik
  9. Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi, Surabaya
  10. Habib Abdullah bin Muhsin Al-Attas, Bogor
  11. Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas, Pekalongan
  12. Habib Abdullah bin Abdurahman Al-Attas, Jombang
  13. Habib Alwi bin Muhammad bin Thahir Al-Haddad, Bogor
  14. KH.Abdullah Azhari, Palembang
  15. Habib Alwi bin Thahir Al-Haddad, Johor
  16. Syekh Umar bin Hamdan Al Mahrasi Al-Jazairi, Makkah
  17. Sayyid Abdul Hayy bin Abdul Kabir Al-Kattani, Maroko
  18. Sayyid Ali bin Falih bin Muhammad Ad-Dzahiri, Makkah
  19. Syekh Abdus Sattar bin Abdul Wahhab As-Shiddiqi, Makkah
  20. Sayyid Abbas bin Abdul Aziz Al-Maliki, Makkah
  21. Syekh Muhammad bin Muhammad Zubaarah Al-Yamani, Yaman
  22. Asy Syekh Abdul Waasi' bin Yahya Al-Waasi'i, Yaman
  23. Syaikhah Amatullah binti Abdul Ghani Al-Umariyah, Madinah
  24. Syarifah Husainah binti AlHabib Syaikh bin Ahmad Bil Faqih, Surabaya
  25. Sayyid Abdullah bin Shadaqoh Dahlan.

3.  Penerus

3.1 Anak-anak Habib Salim bin Ahmad bin Jindan

  1. Habib Novel bin Salim bin Ahmad bin Jindan
  2. Habib Shalahudin bin Salim bin Ahmad bin Jindan
  3. Fatimah binti Salim bin Ahmad bin Jindan

3.2 Murid-murid Habib Salim bin Ahmad bin Jindan
Beberapa murid beliau yang masyhur di antaranya adalah:

  1. Al-'Allamah Al-Habib Abdurahman bin Ahmad As-Seggaf
  2. Al-'Allamah Al-Faqih KH. Muhammad Syafi'i Hadzami
  3. Al-'Allamah KH. Abdullah Syafi'i
  4. Al-'Allamah KH. Tohir Rahili
  5. Muhaddis Al-Haramain As-Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki
  6. Al-Musnid Al-'Allamah As-Sayyid Umar bin Hamid Al-Jailani
  7. Al-'Allamah Al Habib Ali bin Abdurahman As-Sagaf
  8. Al-'Allamah KH. Muhammad Syukur Ya'qub
  9. Al-'Allamah KH. Muhammad Tayyib Izzi
  10. Al-Habib Abdurahman bin Abdullah Ba Qodir Al-Attas
  11. Al-Ustadzah As-Syarifah Fatimah binti Abdullah Ba Qodir Al-Attas
  12. Presiden RI Ke-1 Ir. Soekarno

Tidak sedikit juga ulama besar dunia yang ingin masuk dalam ikatan sanad Al-Habib Salim bin Ahmad bin Jindan hingga mereka meminta kepadanya agar dituliskan ijazah khusus oleh Al-Habib Salim untuk masing-masing mereka. Di antara ulama besar itu adalah berikut ini:

  1. Al-'Allamah Al-Muhaddis Al-Habib Salim bin Hafidz
  2. Al-'Allamah Al-Faqih Al-Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz
  3. Al-'Allamah As-Syaikh Hasan bin Muhammad Al-Massyath
  4. Al-'Allamah As-Sayyid Muhammad bin Hasan bin Muhammad Fad'aq
  5. Al-'Allamah Mufti Zanjubar Al-Habib Umar bin Ahmad bin Sumaith
  6. Al-'Allamah As-Syaikh Muhammad bin Salim Al-Baihani
  7. Al-'Allamah As-Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki

4.  Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Perjalanan Dakwah
Dalam perjalanan dakwah Habib Salim bin Jindan, beliau pernah mendirikan madrasah di Probolinggo. Kemudian pada tahun 1940, beliau hijrah ke Jakarta serta mendirikan Majelis Taklim Al-Fakhriyyah di Jakarta. Beliau juga pernah merantau ke berbagai daerah di Indonesia untuk tujuan dakwah dan taklim.

Pada periode 1940-1960, di Jakarta ada tiga habaib yang seiring sejalan dalam berdakwah. Tiga tokoh habaib itu adalah Habib Ali bin Abdurahman Al-Habsyi (Habib Ali Kwitang), Ali bin Husein Al-Attas (Habib Bungur) dan Habib Salim bin Jindan (Otista). Mereka dikenal sebagai tiga serangkai (triumvirat) dalam berdakwah. Habib Ali bin Husein Al-Attas lebih banyak diam. Habib Ali Kwitang mengajak masyarakat saling mencintai. Sedangkan Habib Salim Bin Jindan dengan suara yang menggebu-gebu kadang mengkritik kebijakan pemerintah yang dianggapnya berlawanan dengan ajaran Islam. 

Hampir semua habaib dan ulama di Jakarta berguru kepada mereka, terutama kepada Habib Salim bin Jindan yang memiliki koleksi sekitar 15.000 kitab, termasuk kitab yang langka. Sementara Habib Salim sendiri menulis sekitar 100 kitab, antara lain tentang Hadis dan tarikh, termasuk karya-karya beliau yang belum dicetak. Selain itu, beliau juga pernah mendirikan perpustakaan bernama Al-Fachriyah.

Setelah Indonesia benar-benar merdeka, Habib Salim tidak mempedulikan perjuangan beliau dihargai atau tidak. Bagi beliau berjuang melawan penjajah harus didasari dengan rasa ikhlas. Setelah lama berjuang, beliau kembali membuka majelis taklim yang diberi nama Qashar Al-Wafiddin. Beliau juga kembali berdakwah dan mengajar, baik di Jakarta dan di beberapa daerah dalam negeri maupun di luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Kamboja. Dan ketika berdakwah di daerah-daerah itulah beliau mengumpulkan data-data sejarah Islam. Dengan cermat dan tekun beliau mengumpulkan sejarah perkembangan Islam di Ternate, Maluku, Ambon, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Timor Timur, Pulau Rote, Sumatra, dan Pulau Jawa.

4.2 Berperan dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Di masa perjuangan menjelang kemerdekaan, Habib Salim ikut serta membakar semangat para pejuang untuk berjihad melawan penjajah Belanda. Itu sebabnya beliau pernah ditangkap, baik di masa penjajahan Jepang maupun ketika Belanda ingin kembali menjajah Indonesia, seperti pada Aksi Polisionil I pada 1947 dan 1948.

Di zaman penjajahan Jepang, beliau juga sering dipenjara kerana ucapan-ucapannya yang tegas. Bahkan setelah kemerdekaan Indonesia, beliau juga sering keluar masuk penjara kerana kritikannya yang tajam terhadap pihak kerajaan apalagi dalam hal bersangkutan agama yang senantiasa ditegakkannya dengan lantang.

Dalam tahanan penjajah, beliau sering disiksa, pernah dipukul, ditendang dan disetrum. Namun, beliau tetap tabah, pantang menyerah. Niatnya bukan hanya demi amar makruf dan nahi munkar, menentang kebatilan dan kemungkaran, tetapi juga demi kemerdekaan tanah airnya. Sebab, Hubbul Wathan minal Iman atau cinta tanah air adalah sebagian dari iman selalu melekat pada jiwanya, sebagaimana diajarkan oleh guru-guru beliau.

Sifat dan kepribadian luhurnya serta ilmunya yang luas menyebabkan banyak orang ramai yang berguru kepada beliau. Presiden Soekarno sendiri pernah berguru kepadanya. Beliau juga sering dipanggil ke istana oleh Bung Karno. Waktu Perjanjian Renvile ditandatangani, beliau turut naik atas kapal Belanda tersebut bersama pemimpin Indonesia lain.

Seperti tahun 1960-an, ketika Partai Komunis Indonesia (PKI) melancarkan serangan-serangan anti-Islam, Habib Salim bin Jindan senantiasa berada di depan bersama ribuan massa untuk menyerang kelompok kiri ini. Padahal, ketika itu, PKI merupakan partai yang sangat kuat dan ditakuti. Beliau taki gentar selalu mengingatkan umat Islam akan berada dalam bahaya besar bila Komunis berkuasa di Indonesia.

4.3 Menjadi Ahli Sejarah pada Masanya
Habib Salim juga merupakan seorang ahli sejarah yang hebat. Dikisahkan bahwa beliau pernah menulis surat kepada Ratu Belanda berisikan silsilah raja-raja Belanda dengan tepat. Hal ini membuat kagum Ratu Belanda.

Lantas mendapat pujian dan tanda penghargaan oleh Ratu Belanda. Tetapi tanda penghargaan Ratu Belanda tersebut telah dibuang oleh Habib Salim kerana beliau tidak memerlukan penghargaan tersebut.

4.5 Fatwa Habib Salim bin Ahmad bin Jindan
Lantaran Revolusi Syiah Iran yang menumbangkan kerajaan Syiah Pahlavi, maka tidak sedikit orang yang terpengaruh dengan ajaran Syiah. Bahkan ada juga keturunan Saadah Ba 'Alawi yang terpengaruh karena termakan dakwah Syiah yang konon mengasihi dan mencintai Ahlul Bait.

Habib Salim bin Ahmad bin Jindan kemudian menulis sebuah kitab membongkar kesesatan Syiah yang diberinya judul “Ar-Raa'atul Ghomidhah fi Naqdhi Kalamir Rafidhoh”. Fatwa ini berhubungan dengan bid'ah ratapan pada Hari 'Asyura. Habib Salim menulis di dalamnya sejumlah pernyataan, di antaranya adalah:

  • Dan di antara seburuk-buruk adat mereka daripada bid'ah adalah Rawaafidh (Syiah) meratap dan menangis setiap tahun pada 10 Muharram hari terbunuhnya Al-Husain. Maka hal ini adalah satu maksiat dari dosa-dosa besar yang mewajibkan azab bagi pelakunya dan tidak sewajarnya bagi orang yang berakal untuk meratap seperti anjing melolong dan menggerak-gerakkan badannya.
  • Junjungan Rasulullah SAW telah mencegah daripada perbuatan sedemikian (yakni meratap) dan Junjungan Rasulullah SAW telah melaknat orang yang meratap. Dan di antara perkara awal yang diminta oleh Junjungan Rasulullah SAW buat para wanita yang berbaiah adalah supaya mereka meninggalkan perbuatan meratap terhadap orang yang telah meninggal, di mana Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda: “Dan janganlah kalian merobek pakaian, mencabut-cabut rambut dan menyeru-nyeru dengan kecelakaan dan kehancuran.”
  • Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan satu Hadis dari pada Sayyidina Ibnu Mas`ud r.a. bahwa Junjungan SAW bersabda: “Bukanlah dari pada kalangan kami orang yang memukul dada, mengoyak kain dan menyeru dengan seruan jahiliyyah (yakni meratap seperti ratapan kaum jahiliyyah).” Maka semua ini adalah perbuatan haram dan pelakunya terkeluar dari pada umat Muhammad SAW sebagaimana dinyatakan dalam Hadis tadi.
  • Telah berkata As-Syarif An-Nashir li Ahlis Sunnah wal Jama'ah Abdur Rahman bin Muhammad Al-Masyhur Al-Hadhrami dalam fatwanya: "Perbuatan menyeru 'Ya Husain' sebagaimana dilakukan di daerah India dan Jawa yang dilakukan pada Hari 'Asyura, sebelum atau selepasnya, adalah bid'ah madzmumah yang sangat-sangat haram dan pelaku-pelakunya akan dihukum secara fasik dan sesat yang menyerupai kaum Rawaafidh (Syiah) yang dilaknat oleh Allah. Bahwasanya Junjungan kita Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda: 'Sesiapa yang menyerupai sesuatu kaum, maka dia dari pada kalangan mereka dan akan dihimpun bersama mereka pada Hari Kiamat.'"

Janganlah tertipu dengan dakwah Syiah. Pelajarilah betul-betul pegangan Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan berpegang teguh dengannya. Katakan tidak kepada selain Ahlus Sunnah wal Jama'ah, katakan tidak kepada Wahabi dan katakan tidak kepada Syiah.

5.  Karya-karya Habib Salim bin Ahmad bin Jindan

Habib Salim dikenal sebagai ulama yang produktif menulis. Temanya pun beragam, mulai sejarah, ilmu hadis, hukum Islam atau fiqih, nasab, dan autobiografi yang jumlahnya sekitar 100 judul dan terdiri dari berjilid-jilid. Di antara karya beliau tersebut adalah:

  1. Al-‘Uquud Ad-Durriyah fi Musalsalaat Al-Fakhriyah, 3 Jilid
  2. Al-Qoul Al-Hatsits fi Al-‘Amal bi Al-Hadis Ad-Dha’if
  3. Balabil At-Athayaar fi Salaasil Al-Akhbaar
  4. Tanqih Al-Akhbar fi An-Naasikh wa Al-Mansukh min Al-Akhbar
  5. Tanwir Al-Miqbas fi Al-Khirqot wa Al-Ilbas
  6. Taqrib Al-Ba'iid fi Thuruq Al-Musalsal bi Yaum ‘Iid
  7. Al-Mawahib Al-‘Alawiyah fi Al-Arba’in An-Nabawiyah
  8. Raudhah Al-Wildan terdiri dari 8 jilid besar
  9. Tanwiir Al-Adzhan fi Marwiyaat Al-A'yaan
  10. 'Umdat Al 'Ukkaaf fi Marwiyaat As-Saadah Aali Al-Kaaf
  11. Al-Miqbaas fi Al-Khirqoh wa Al-Ilbaas
  12. Al-Washiith fi As-Tsabat Al-Muhiith 2 Jilid
  13. Mu’jam Al-Awadim 16 Jilid
  14. Ad-Durr wa Al-Yaquut 7 Jilid
  15. Al-Hullah Al-Adaniya fi Al ‘Ailah Al-Jindaaniyah
  16. Al-Mawahib wa Al-Minan fi Nasab Bani Al-Hasan
  17. Tanwir Al-Miqbaas fi Nasab Bani Al-Abbas
  18. Ihya Al Ma’atsir fi Ma’rifati Ansaab Al-Qobail wa Al-‘Asyaair
  19. ‘Umdat At-Thalib fi Awlaad Ali bin Abi Thalib
  20. Zahr Al-Baasim fi Awlad Al-Imam As-Syaikh Abi Bakar bin Salim
  21. Bahjat Al-Amiir fi Silsilat Al-Masyayikh Aali bin Sumair
  22. Tuhfat Al-Ariib fi Silsilat Al-Masyayikh Aali Al-Khatiib
  23. An-Nasab Al-Kabiir (tantang Nasab Raja-raja Persia)
  24. An-Naqobah fi Nasab As-Saadaah Aali ba Raqbah
  25. Thiraaz Al-Akhdhar fi Ma’rifat Nasab Aali Al-Mushthafa min Mudhar
  26. Al-‘Alam As-Syamikh 4 Jilid
  27. I’laam Ahli Ar-Rusukh bi Anbaa’i A’laam As-Syuyukh 4 Jilid
  28. Sawabiq Al-Maydaan 4 Jilid
  29. Uddat Al-Luffaadz 6 Jilid
  30. Ithaaf An Nabiil bi Akhbaar Man bi Jazair Al-Arakhbiil 2 Jilid
  31. Qutf As-Tsamar fi Manaqib As-Syaikh Abi Bakar
  32. Al-Lawami’ Al-Bayyinaat 5 Jilid
  33. I’laam Al-Baraaya bi A’laam Indunusia 3 jilid
  34. Nafahaat Al-‘Anbar fi A’yaan As-Tsalits ‘Asyar 4 jilid
  35. Naqsy At-Taabuut
  36. Tarjamah Al-Imam Al-Muhajir
  37. Muluk Al-Alawiyyin fi As-Syarqil Aqsha 2 jilid
  38. Tarikh Dukhul Islam Ila Jazair Indunusia
  39. Hawadis Ibn Jindan fi Khamsin ‘Aam

6.  Teladan Habib Salim bin Ahmad bin Jindan

Habib Salim mempunyai sifat dan pribadi luhur serta ilmu yang sangat luas. Karena itu banyak ulama dan para tokoh berguru kepada beliau, termasuk salah satunya adalah Presiden Soekarno.

Beliau adalah sosok yang sepenuh hati mengabdikan seluruh hidupnya untuk berdakwah dan mengumpulkan data-data sejarah Islam di seluruh Indonesia. Maka tidak bisa dipungkiri apabila beliau menjadi ahli sejarah tentang perkembangan Islam di Nusantara. Selain menjadi Ahli Sejarah, beliau juga terkenal sebagai seorang Ahli Hadis yang hafal puluhan ribu Hadis.

Selain itu, Habib Salim bin Jindan juga turut berperan dalam perjuangan melawan penjajahan yang berlangsung di Indonesia. Pasca kemerdekaan Republik Indonesia, tercatat bahwa beliau juga turut berperan dalam melawan ajaran-ajaran Komunisme.

Habib Salim bin Jindan pernah mengeluarkan fatwa yang menentang tentang ajaran-ajaran Syi’ah dan ajaran-ajaran lainnya melenceng dan cenderung akan merusak ajaran Ahlus Sunnah wal Jama'ah. 

Habib Salim memang seorang ahli debat dan orator yang ulung. Pendirian beliau pun teguh. Sejak lama, jauh-jauh hari, beliau sudah memperingatkan bahaya kerusakan moral akibat pornografi dan kemaksiatan. 

Suatu ketika dalam sebuah kesempatan menyampaikan ceramahnya, beliau pernah mengatakan, “Para wanita mestinya jangan membuka aurat mereka, karena hal ini merupakan penyakit yang disebut Tabarruj, atau memamerkan aurat, yang bisa menyebar ke seluruh rumah kaum muslimin.” 

Selain berdakwah secara langsung di majelis taklim maupun melalui ceramah-ceramah di podium, beliau juga menyempatkan diri untuk menulis buku. Beliau terkenal sebagai tokoh yang sangat aktif dalam menulis, hampir ada ratusan kitab karya beliau yang sudah di cetak maupun yang masih berupa tulisan tangan dan masih banyak dijadikan rujukan para peneliti dan dibaca para ulama hingga saat ini.

Dakwah Habib Salim masih terus hidup. Sekarang diteruskan oleh anak keturunannya. Ada yang membuka majelis taklim dan menggelar maulid (termasuk haul Habib Salim) di rumah peninggalan Habib Salim, di Jalan Otto Iskandar Dinata. Dan belakangan, nama perpustakaan Habib Salim, yaitu Al-Fachriyyah, diresmikan sebagai nama pondok pesantren yang didirikan oleh Habib Novel bin Salim di Ciledug, Tangerang. Kini pesantren tersebut diasuh oleh Habib Jindan bin Novel bin Salim dan Habib Ahmad bin Novel bin Salim, dua putra Habib Habib Novel bin Salim.

“Sekarang ini sulit mendapatkan seorang ulama seperti Jid (kakek) kami. Meski begitu, kami tetap mewarisi semangatnya dalam berdakwah di daerah-daerah yang sulit dijangkau,” kata Habib Ahmad, cucu Habib Salim bin Jindan.

Ada sebuah nasihat almarhum Habib Salim bin Jindan yang sampai sekarang tetap diingat oleh keturunan dan para jemaahnya, ialah pentingnya menjaga akhlak keluarga. Beliau pernah mengatakan bahwa kewajiban kaum muslimin, khususnya orang tua adalah menasihati keluarga mereka, menjaga dan mendidik mereka, menjauhkan mereka dari orang-orang yang bisa merusak akhlak. Sebab, orang tua adalah wasilah (perantara) dalam menuntun anak-anak. Nasihat seorang ayah dan ibu lebih berpengaruh pada anak-anak dibanding nasehat orang lain.

7.  Referensi

Diolah dan dikembangkan dari berbagai sumber yang mendukung dengan sumber primer sebagaimana berikut:

  1. Manaqib Habib Salim bin Ahmad bin Jindan karya Habib Ahmad bin Novel bin Salim.
  2. 27 Habaib Berpengaruh di Betawi, Kajian Karya Intelektual dan Karya Sosial Habaib Betawi dari Abad ke-17 hingga Abad ke-21 karya H. Rakhmad Zailani Kiki, S.Ag, MM. 

Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 01 Juni 2023, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa tanggal 07 September 2023.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya