Ziarah di Makam Sunan Boto Putih, Penyebar Islam di Surabaya

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Sunan Boto Putih, Penyebar Islam di Surabaya

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Sunan Boto Putih adalah ulama yang berperan menyebarkan syiar Islam di Surabaya pada abad ke-15. Beliau adalah pangeran dari kerajaan Blambangan.

Sunan Boto Putih memilih meninggalkan kerajaan dan melarung ke laut. Selama berbulan-bulan beliau terombang ambing di laut hingga terhempas ombak di Laut Jawa. Saat di Gresik beliau ditemukan oleh Kiai Kendil Wesi.

Kepandaian Sunan Boto Putih mendalami agama Islam dan menyebarkannya di kalangan Gresik dilihat oleh Kiai Kendil Wesi. Beliau akhirnya diminta menyebarkan Islam di Surabaya dan menetap di kawasan Pegirian, tepatnya di Dukuh Boto Putih. Hingga julukan Sunan Boto Putih melekat pada beliau.

Profil
Sunan Boto Putih adalah putra Pangeran Kedawung atau yang disebut juga Sunan Tawangalun adalah raja di Blambangan atau dikatakan juga Bilumbangan. Beliau terlahir dengan nama Pangeran Lanang Dangiran.

Gurubeliau di antaranya:
Kiai Kendil Wesi

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi Sunan Boto Putih

Lokasi Makam
Beliau dimakamkan di kompleks makam Sentono Agung Boto Putih di  Jalan Pegirian, kawasan Pesarean Agung Sentono Botoputih, Surabaya. Komplek makam ini merupakan komplek makam sunan dan para bangsawan (adipati) di Surabaya.

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Sunan Boto Putih banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Surabaya saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di Komplek Sunan Boto Putih terletak di  Jalan Pegirian, kawasan Pesarean Agung Sentono Botoputih, Surabaya.

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam Sunan Boto Putih, maka segala keinginan pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari Sunan Boto Putih bisa meningkatkan derajat, dan mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah, dan dimudahkan dalam segala urusan. Karena itu tak jarang yang datang ke sana adalah orang-orang dari golongan pejabat. Selanjutnya bagi para pedagang, berdoa di makam ini konon adalah jaminan kesuksesan dalam usaha yang dijalankannya.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Surabaya di antaranya:
Almond Crispy Cheese, Kue Lapis Surabaya, Kue Mente, Sambal Bu Rudy, Kaos Cak Cuk, Suoklat.