Shalat Jum'at

 

Hukum Melaksanakan Shalat Jumat di Mushala

Di beberapa daerah pernah kita temukan pelaksanakan shalat Jum'at selain di masjid, seperti halnya pelaksanaan shalat Jum'at di Mushala. Lalu apakah sah melaksanakan shalat Jum'at di Mushala?

Masuk Masjid Saat Adzan, Menjawab Adzan atau Shalat Sunah Dulu?

Menjawab adzan hukumnya adalah sunah menurut mayoritas ulama madzhab, bahkan dalam madzhab Hanafi menjawab adzan hukumnya adalah wajib. Ketika Masuk Masjid Saat Adzan, Mana yang lebih dahulu Menjawab Adzan atau Shalat Sunah Dulu?

Hukum Melaksanakan Shalat Jumat Di Masjid yang Sudah Melaksanakannya

Hukum Melaksanakan Shalat Jum'at Di Masjid yang Sudah Melaksanakannya

Hukum Mengulang Shalat Jumat dengan Shalat Dzuhur

Ketika selesai melaksanakan shalat Jum'at banyak di antara jama'ah yang melaksanakan shalat Dzuhur dikarenakan dikhawatirkan bilangan jama'ah shalat Jum'at tidak sampai 40 orang. Lalu bagaimana hukum melaksanakan shalat Dzuhur tersebut?

Hukum Khutbah Jum'at Menggunakan Bahasa Indonesia

Dalam praktek pelaksanaan Khutbah sering kita dengarkan khatib berkhutbah dengan menerjemahkan kalimat-kalimat khutbah ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Bagaimana hukum khutbah tersebut, sah atau tidak?

Hukum Adzan yang Pertama dalam Shalat Jumat

Dalam pelaksanaan shalat jum'at, selain menggunakan syari'at adzan dua kali, kita juga memiliki amaliyah lain seperti seorang Muraqqi yang mengucapkan lafadz Tarqiyah "Ma'asyirol Muslimin" sebelum khatib naik ke atas mimbar, mengucapkan "amin" ketika khatib sedang berdo'a. Bagaimana hukum dari beberapa praktek ibadah tersebut?

Hukum Menyelenggarakan Shalat Jumat Secara Bergantian

Bagaimana hukum menyelenggarakan shalat Jum'at dalam satu tempat secara bergantian yang disebabkan oleh kondisi-kondisi tertentu seperti pegawai yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya ketika waktu shalat Jum'at datang karena harus menyelesaikan atau menjaga pekerjaannya dari kerusakan, dan sebagainya.

Problem Menyelenggarakan Shalat Jumat di Perkantoran dan Alternatif Hukumnya

Pelaksanaan shalat Jum'at di perkantoran menjadi hal yang sudah biasa dan tidak bisa dihindari dikarenakan keadaan yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan shalat Jum'at di wilayah yang secara hukum syarat sah shalat Jum'atnya terpenuhi.

Hukum Mendirikan Shalat Jumat Lebih Dari Satu Kali Tanpa Ada Kebutuhan

Pelaksanaan shalat jum'at lebih dari satu kali dalam satu desa (ta’addud jumat) hukumnya boleh dengan syarat-syarat tertentu. Bagaimana pelaksanaan shalat jum'at lebih dari satu kali padahal tidak ada hajat atau kebutuhan?

Hukum Khatib Jumat Mengulang Kalimat Alhamdulillah

Salah satu rukun khutbah adalah memuji kepada Allah SWT dalam dua khutbah tersebut. Adapun kata pujian yang yang disyaratkan dalam memuji kepada Allah adalah kata Hamdun dan kata lain yang satu akar dengan kata Hamdun seperti kata Alhamdu, Nahmadu, Ahmadu, dsb. Demikian pula dalam kata “Allah” tertentu menggunakan lafadz jalalah, tidak cukup memakai asma Allah yang lain

Menampilkan 1 - 10 dari 22 Shalat Jum'at