Shalat Jum'at

 

Hukum Mengulang Shalat Jumat dengan Shalat Dzuhur

Ketika selesai melaksanakan shalat Jum'at banyak di antara jama'ah yang melaksanakan shalat Dzuhur dikarenakan dikhawatirkan bilangan jama'ah shalat Jum'at tidak sampai 40 orang. Lalu bagaimana hukum melaksanakan shalat Dzuhur tersebut?

Hukum Adzan yang Pertama dalam Shalat Jumat

Dalam pelaksanaan shalat jum'at, selain menggunakan syari'at adzan dua kali, kita juga memiliki amaliyah lain seperti seorang Muraqqi yang mengucapkan lafadz Tarqiyah "Ma'asyirol Muslimin" sebelum khatib naik ke atas mimbar, mengucapkan "amin" ketika khatib sedang berdo'a. Bagaimana hukum dari beberapa praktek ibadah tersebut?

Hukum Mendirikan Shalat Jumat Lebih Dari Satu Kali Tanpa Ada Kebutuhan

Pelaksanaan shalat jum'at lebih dari satu kali dalam satu desa (ta’addud jumat) hukumnya boleh dengan syarat-syarat tertentu. Bagaimana pelaksanaan shalat jum'at lebih dari satu kali padahal tidak ada hajat atau kebutuhan?

Hukum Shalat Jumat di Masjid yang Dibangun di Luar Batas Desa

Salah satu syarat sah pelaksanaan shalat Jum'at adalah harus dilaksanakan di daerah yang menjadi pemukiman warga yang sekiranya tidak diperbolehkan melakukan rukhsah shalat jama’ qashar di dalamnya bagi musafir. Bagaimana hukumnya jika shalat Jum'at dilaksanakan di masjid yang terletak di luar batas desa atau pemukiman warga?

Hukum Khatib Jumat Mengulang Kalimat Alhamdulillah

Salah satu rukun khutbah adalah memuji kepada Allah SWT dalam dua khutbah tersebut. Adapun kata pujian yang yang disyaratkan dalam memuji kepada Allah adalah kata Hamdun dan kata lain yang satu akar dengan kata Hamdun seperti kata Alhamdu, Nahmadu, Ahmadu, dsb. Demikian pula dalam kata “Allah” tertentu menggunakan lafadz jalalah, tidak cukup memakai asma Allah yang lain

Hukum Khutbah tidak Terdengar oleh Jamaah Shalat Jumat

Disaat khutbah sedang berlangsung, para jama'ah shalat Jum'at dianjurkan untuk mendengarkan secara seksama, sehingga dalam pandangan madzhab Syafi'i dimakruhkan bagi jama'ah shalat Jum'at berbicara ketika sedang mendengarkan khutbah Jum'at

Bacaan Bilal Shalat Jumat dan Dasar Hukumnya

Sebelum khatib naik ke atas mimbar untuk menyampaikan khutbah Jum'at, biasanya didahului oleh bacaan tarqiyyah yang dibacakan oleh bilal atau muraqqi. Bacaan tarqiyyah artinya menaikan yaitu sebagai sebuah tanda bahwa khatib naik ke atas mimbar

Perbedaan Antara Mishr, Balad, dan Qaryah

Dalam fiqih shalat Jum'at terdapat beberapa istilah kawasan yang memiliki ciri dan ketentuan berbeda antara satu dengan yang lain

Hukum Melaksanakan Shalat Jumat di Mushala

Di beberapa daerah pernah kita temukan pelaksanakan shalat Jum'at selain di masjid, seperti halnya pelaksanaan shalat Jum'at di Mushala. Lalu apakah sah melaksanakan shalat Jum'at di Mushala?

Masuk Masjid Saat Adzan, Menjawab Adzan atau Shalat Sunah Dulu?

Menjawab adzan hukumnya adalah sunah menurut mayoritas ulama madzhab, bahkan dalam madzhab Hanafi menjawab adzan hukumnya adalah wajib. Ketika Masuk Masjid Saat Adzan, Mana yang lebih dahulu Menjawab Adzan atau Shalat Sunah Dulu?

Menampilkan 1 - 10 dari 25 Shalat Jum'at