Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Tips Agar Rumah Tangga tetap Harmonis dan Lebih Mesra

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Tips Agar Rumah Tangga tetap Harmonis dan Lebih Mesra

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur.. Saya seorang  ibu rumah tangga, baru satu tahun menikah dan  saya baru saja dikaruniai seorang putra. Minta tolong dong mbak Nur, bagi tips rumah tangga biar bisa harmonis terus dan tetap mesra.
Terima kasih. 


Farida di Batam


Tanggapan :

Wa’alaikumsalam wr wb.
Mbak Farida di Batam, terima kasih telah berbagi kebahagiaan dengan kami. Selamat  atas kelahiran putra pertamanya ya semoga menjadi anak yang sholih dan rumah tangga mba Farida sakinah mawaddah wa rahmah. Aamiin. 
Semua orang pasti mengharapkan kehidupan rumah tangganya selalu mesra dengan pasangan dan selalu harmonis. Usia  pernikahan  yang baru menginjak 1 tahun pasti banyak rintangan dan ujian yang harus dihadapi.

Baca juga: Ingin dapat Beasiswa, Bagaimana Caranya?

Menurut ajaran Islam, rumah tangga yang ideal adalah rumah tangga yang diliputi sakinah (ketentraman jiwa), mawaddah (rasa cinta) dan rahmah (kasih sayang). Allah Ta’ala berfirman  dalam Surat Ar – Ruum ayat 21, yang artinya :
“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” [Ar-Ruum : 21]

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga agar hubungan tetap harmonis dan selalu mesra :
1. Menerima kelebihan dan kekurangan pasangan

Selalu ingat, tidak ada manusia yang sempurna begitu pula pasangan kita. Sangat tidak adil jika kita hanya menerima kelebihannya dan menolak kekurangannya. Bantu pasangan memperbaiki dirinya dan memberikan motivasi agar bisa menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya. Sering-seringlah mengingat kebaikan dan menghargai pasangan agar dapat menghidupkan rasa cinta dan syukur di hati. Pernikahan bisa menjadi sarana kita untuk memperbaiki kekurangan diri dan belajar banyak  dari pengalaman.

2. Komunikasi
Komunikasi berperan penting dalam sebuah hubungan, antara lain membuat diri kita lebih memahami pasangan kita, menghindari kesalahpahaman dan menanamkan kepercayaan. Komunikasi yang baik membuat hubungan dengan pasangan menjadi tetap hangat dan mesra. Awalilah dengan menyapa pasanganmu di pagi hari, hal ini  membuat pasangan merasa diperhatikan.
 

3. Minat yang Sama
Setiap orang memiliki minat atau hobi masing-masing. Tidak ada salahnya mencoba hobi pasangan jika memungkinkan. Misalnya memancing, bersepeda, jogging, nonton bola dan lain-lain. Melakukan sesuatu hal bersama-sama dapat mempererat ikatan hati. Namun, jangan paksakan jika memang kita tidak nyaman. Berikan dukungan kepada pasangan jika memiliki ketertarikan pada suatu hobi tertentu selama hal itu tidak memberikan efek negatif dan tidak membuat pasangan melupakan perhatiannya terhadap keluarga. 
 

4. Kencan Berdua
Kencan berdua dapat kita lakukan bersama pasangan. Tidak harus keluar rumah, menonton film atau pertandingan sepak bola berdua di rumah, menikmati makan malam berdua bisa dilakukan ketika anak sudah tertidur lelap. Bahkan memasak berdua pun bisa menciptakan suasana yang harmonis. Lakukan dua sampai tiga kali dalam satu bulan. 

Baca Juga: Bagaimana cara membantu teman menyelamatkan rumah tangganya?

5. Family Time
Family time ini berhubungan dengan keluarga besar. Baik dari keluarga suami atau keluarga istri. Hal ini bisa memecah kebekuan yang mungkin ada dan meningkatkan keharmonisan keluarga. Family time ini juga bisa membuat pasangan kita merasa dihargai karena diterima di keluarga besar. Acara yang memungkinkan untuk family time contohnya arisan keluarga, makan malam keluarga besar, piknik bersama dan lain-lain.
 

6. Beribadah bersama
Mendekatkan diri dan berdoa kepada Allah  bersama-sama bisa memberikan efek yang luar biasa bagi sebuah keluarga. Perasaan tenang dan nyaman dapat muncul setelah sholat dan berdoa bersama. Perasan tenang  ini akan membuat rumah tangga lebih harmonis dan membuat kita bisa berpikir lebih jernih dalam memecahkan suatu permasalahan bersama pasangan.
Inilah beberapa tips yang mungkin bisa dicoba dengan pasangan di rumah. Semoga  selalu mesra dan diberikan keharmonisan dalam berumah tangga.

Terima kasih
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun