Sehabis Hujan di Malam Gelap, Bisa Baca Doa Ini

Sehabis Hujan di Malam Gelap, Bisa Baca Doa Ini

LADUNI.ID, Jakarta – Suatu waktu, Rasulullah SAW pernah meminta salah seorang sahabatnya untuk membaca beberapa surat pendek Al-Qur’an. Hal itu terjadi ketika gelap malam sesudah turun hujan. Surat pendek yang dimaksud adalah Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Adapun Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar mengutip hadits dari pelbagai riwayat mengenai bacaan surat pendek ini sebagai doa. Pada kitab ini Imam Nawawi memasukkan anjuran bacaan ini ke dalam doa yang dibaca di pagi dan sore hari sebagaimana perintah harfiah Rasulullah SAW.

وروينا في سنن أبي داود والترمذي، والنسائي وغيرهما بالأسانيد الصحيحة، عن عبد الله بن خبيب رضي الله عنه، قال خرجنا في ليلة مطيرة وظلمة شديدة نطلب النبي صلى الله عليه وسلم ليصلي لنا فأدركناه فقال قل، فلم أقل شيئا، ثم قال قل  فلم أقل شيئا، ثم قال قل، فقلت يارسول الله ما أقول؟ قال قل هو الله أحد والمعوذتين حين تمسي وحين تصبح ثلاث مرات تكفيك من كل شئ قال الترمذي  حديث حسن صحيح

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami dalam Sunan Abu Dawud, At-Turmudzi, An-Nasai, dan selain mereka dengan sanad yang sahih dari Abdullah bin Khubaib RA, ‘Kami keluar pada malam yang diguyur hujan dan sangat gelap. Kami mencari Nabi SAW untuk shalat bersama hingga akhirnya kami mendapatinya.’ ‘Bacalah sesuatu,’ perintah Nabi. Tetapi aku tidak bersuara apa pun. ‘Bacalah sesuatu,’ Nabi mengulangi perintahnya. Aku juga tidak bersuara apa pun. ‘Bacalah,’ nabi mengulangi. ‘Aku harus baca apa ya Rasul?’ jawabku. ‘Qul huwallahu ahad dan mu‘awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas) saat kau di pagi dan di sore hari. Niscaya itu mencukupimu dari segala sesuatu,’ kata Nabi Muhammad SAW. Imam At-Turmudzi mengatakan, ini hadits hasan shahih,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 63).

Surat pendek ini dapat dibaca dan diamalkan di pagi dan sore hari. Tetapi bacaan ini juga dapat diamalkan pada saat gelap malam sebagaimana asbabul wurud hadits ini. Wallahu a‘lam.