Pos Satgas Perbatasan Ini Disulap Jadi Gedung PAUD

 
Pos Satgas Perbatasan Ini Disulap Jadi Gedung PAUD

LADUNI.ID, SANGGAU - Apa yang dilakukan Satgas Pamtas di Sekayam patut diteladani. Betapa tidak, mereka rela menyisihkan gajinya untuk mengubah barak Pos Pamtas Lubuk Tengah, Desa Lubuk Tengah, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, menjadi gedung PAUD.

Hal ini mereka lakukan atas dasar kepedulian terhadap pendidikan anak-anak di perbatasan Indonesia-Malaysia. PAUD tersebut mereka beri nama Wanara Sakti.

Pasi Intel Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Lettu (Inf) Dwi Ari Wibowo menjelaskan, pembangunan PAUD ini menggunakan dana swadaya dari para Pamtas yang menyisihkan sedikit gajinya. Dana juga dibantu sumbangan warga sekitar.

“PAUD dikelola oleh anggota pos Pamtas dan akan dilanjutkan secara turun menurun ke Pamtas selanjutnya,” kata Dwi Ari Wibodo, Ahad (17/03/2019).

Sementara Dantim BAIS sektor Sekayam, Kapten Adi menambahkan, kegiatan belajar selama ini dilaksanakan otodidak, di waktu siang dan sore hari. Petugas nantinya juga berperan sebagai tenaga pengajar.

“Setiap hari anak-anak banyak yang bermain ke pos Pamtas, ada yang sekedar bermain dan ada yang mau belajar,” ceritanya.

Adi menjelaskan, TNI sengaja hadir untuk ikut membangun dan menjaga perbatasan, termasuk di bidang pendidikan. “Banyak anak-anak di perbatasan yang belum merasakan pendidikan secara layak, sehingga SDM mereka di bawah rata-rata,” paparnya.

Hal ini tentunya akan menjadi ancaman tersendiri di masa yang akan datang. “Karena mereka (anak-anak perbatasan) akan menggantikan generasi saat ini di masanya. Itulah yg menjadi motivasi TNI untuk membangun PAUD. Setidaknya anak-anak sejak dini sudah mengenal rasa cinta tanah air,” lanjut Adi.

Saat ini, anggota Pos Pamtas dikatakan Adi sedang membangun sarana bermain di PAUD Wanara Sakti. “Untuk buku penunjang, harapannya ada dukungan dari pemerintah daerah setempat,” pungkas Adi.

 

 

Tags