Masalah Kesehatan Yang Ditimbulkan Akibat Tingginya Kolesterol

 
Masalah Kesehatan Yang Ditimbulkan Akibat Tingginya Kolesterol

LADUNI.ID, Jakarta - Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang terdapat pada setiap sel tubuh dan baik bagi kesehatan. Namun jika jumlahnya terlalu tinggi, maka akan dapat menimbulkan masalah kesehatan yang tentunya berbahaya bagi tubuh. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa terjadi apabila kadar kolesterol terlalu tinggi.

1. Jantung Koroner

Munculnya plak di darah akibat tingginya kolesterol dapat menyebabkan arteri jadi menyempit. Lebih lanjut, hal ini dapat menimbulkan nyeri di dada serta serangan jantung.

2. Stroke

Terdapatnya plak di arteri juga dapat mempersempit arteri yang terhubung ke otak dan bahkan bisa menghalanginya juga. Kondisi terbatasnya asupan darah ke otak ini dapat menjadi penyebab terjadinya stroke.

3. Tekanan Darah Tinggi

Seperti pada penyakit lainnya, kolesterol yang tinggi ini juga dapat arteri menyebut. Masalah ini bisa menyebabkan jantung kesulitan untuk memompa darah sehingga kamu mengalami tekanan darah tinggi.

4. Penyakit Peripheral Arteria

Berbeda dari masalah kesehatan lain, penyakit satu ini tidak berhubungan dengan jantung maupun otak. Penyakit ini terjadi ketika plak muncul pada dinding arteri di kaki dan tangan yang dapat mempengaruhi sirkulasi darah.