Satu-satunya di Internet! Diagram Sanad dan Biografi Ulama NU

Satu-satunya di Internet! Diagram Sanad dan Biografi Ulama NU

Satu-satunya di Internet! Diagram Sanad dan Biografi Ulama NU

Alhamdulillah, saat ini kita dengan mudah mengetahui sanad keilmuan Nahdlatul Ulama yang digambarkan dalam bentuk grafis lengkap berurut dari Nabi Muhammad Rasulullah selaku sumber ajaran Islam sampai dengan Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari sebagai pendiri jam’iyat Nahdlatul Ulama.

Diagram sanad ulama tersebut apabila diperhatikan memiliki 22 (dua puluh dua) tingkat dari Rasulullah sampai dengan Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari, selanjutnya pada tiap tingkatnya bervariasi jumlah ulama-ulama yang menjadi guru-guru Hadratus Syaikh.

Diagram sanad ini bersumber resmi dari Sanad Keilmuan Nahdlatul Ulama yang dirilis oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama melalui salah satu lembaga yang fokus pada kesejahteraan dan pengembangan masjid, yaitu Lembaga Takmir Masjid. Diagram ini sering dijumpai di gedung-gedung Nahdlatul Ulama ataupun tokoh Nahdlatul Ulama.

Namun, kali ini dengan fitur di Wikipedia, diagram sanad tersebut dapat dikembangkan dalam bentuk digital untuk memudahkan pencarian para pembaca, dan selanjutnya untuk memudahkan para pencari informasi profil ulama dalam sanad tersebut, maka diagram tersebut juga sudah dilengkapi dengan halaman biografi singkat tiap ulama tersebut yang dapat diakses secara mudah.

Biografi singkat tiap ulama bersifat "informasi hidup" yang terus akan diperbarui untuk memperlengkap khazanah pengetahuan kita semua. Informasi grafis sanad dan biografi ulama NU tersebut dapat disimak di: http://wiki.laduni.id/Sanad_Ulama_Nahdlatul_Ulama.

Pada saat artikel ini ditulis, informasi grafis sanad dan biografi ulama NU ini menjadi satu-satunya di internet.

Silakan disebarkan bila bermanfaat, sehingga memberikan keyakinan bagi kita semua bahwa Nahdlatul Ulama merupakan organisasi keislaman yang memiliki pijakan dan keilmuan yang bersumber dari ulama-ulama, sahabat-sahabat, sampai dengan Rasulullah.