Empat Cara Sederhana Ini Bisa Mengatasi Susah Konsentrasi

 
Empat Cara Sederhana Ini Bisa Mengatasi Susah Konsentrasi

LADUNI.ID, Jakarta - Pekerjaan kantor yang menumpuk, kadang membuat Anda sulit untuk bisa konsentrasi. Apalagi ditumpuk dengan pekerjaan rumah atau pekerjaan yang ada di luar kantor, akan membuat Anda bosan dan sulit konsentrasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan hal-hal yang sederhana ini, sebagai berikut.

1. Memperindah meja kerja

Menghiasi meja kantor dengan hal-hal yang membuat Anda bahagia atau termotivasi. Misalnya denga  memasang foto pasangan atau keluarga, menempelkan kata-kata penuh inspiratif, atau menaruh beberapa tanaman segar di meja.

Suasana kantor yang nyaman bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi. Selain itu, adanya tanaman segar yang ditaruh di dekat meja atau di sekitar ruangan Anda juga bisa membantu mengurangi stres.

2. Pastikan Anda cukup tidur

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab utama kenapa Anda sering kurang konsentrasi di kantor. Ingat, selain makan dan minum, Anda juga membutuhkan tidur yang cukup supaya bisa tetap bugar menjalankan aktivitas sehari-hari.

3. Rutin melakukan peregangan di kantor

Meski sibuk, lakukan peregangan setelah beberapa jam menatap layar komputer. Luangkan waktu sebentar untuk melakukan peregangan sederhana supaya mata dan otot-otot Anda rileks. Hal ini juga efektif membantu mengatasi susah konsentrasi di kantor.

Anda bisa menggerak-gerakan kaki, bahu, kepala, dan tangan supaya sirkulasi darah di area tersebut berjalan lebih lancar. Jika memungkinkan, melakukan jalan santai di luar kantor untuk menghirup udara segar juga bisa membantu membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks.

4. Asah otak Anda setiap hari

Kurang konsentrasi akibat penurunan fungsi kognitif otak sebetulnya menjadi bagian dari proses penuaan. Namun, menjaga kesehatan otak sejak dini dapat membantu mengatasi masalah susah konsentrasi baik di kantor atau di mana pun Anda bekerja.

Untuk mengatasi susah konsentrasi, coba asah kemampuan berpikir Anda dengan hobi baru seperti mengisi teka-teki silang, main catur, menulis, dan lain sebagainya. Intinya, rutin melakukan berbagai hal yang mengharuskan Anda berpikir lebih keras untuk mencari jalan keluar bisa membantu mengasah otak supaya pikiran Anda tetap tajam. (Sumber: Times Indonesia)