Mbah Moen Ungkap Tiga Kemuliaan Pernikahan

 
Mbah Moen Ungkap Tiga Kemuliaan Pernikahan

LADUNI.ID, Pati - KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen pernah memberikan mauidhoh hasanah dalam pernikahan Muhammad Ladun Khobir (asal mbesuk Pasuruan) dengan Neng Athiya Rahmania binti KH M Aniq Muhammadun Pati pada sekitar tahun 2018 lalu. Ada tiga hal yang diungkapkan Mbah Moen tentang kemuliaan pernikahan.

1. Pernikahan itu memuliakan sekaligus memulihkan manusia

Menikah adalah syariat agama yang menjadi cara Allah memuliakan dan memulihkan manusia. Allah ikut campur manusia langsung dalam pernikahan. Bahkan, Allah menikahkan langsung Nabi Adam dengan Siti Hawa dan Nabi Muhammad dengan berbicara.

Bukti kemulian pernikahan disampaikan dalam Al Quran:

واذ قلنا يا ادم اسكن انت وزوجك الجنة

Dan tatkala kami mengatakan ‘Wahai Adam, berdomisililah kamu dan biarkan ke surga’.

Nabi Adam masuk surga dengan Hawa sebagai bukti kemuliaan pernikahan. Dengan menikah, Allah mengambil Adam dan mengundang ke dalam surga.

2. Pernikahan meluaskan dan melapangkan hati

Laki-laki harus menjadi suami yang lapang dan pengertian untuk berbicara. Perempuan jika mendapat kelebihan, cantik misalnya, maka sebaliknya memberikan kecukupan Rizki (ngrejekeni), meski banyak ngomelnya. Jika tidak sabar dengan istri yang suka ngomel, maka kawinlah dengan perempuan yang jelek.

3. Pernikahan membuat konsisten menuju keabadian

Dalam doanya Kiai Maimoen mendoakan pernikahan yang dilangsungkan terus menerus secara kontinue ( استمرار ) selama-lamanya sampai berjumpa untuk Allah di surga, tempat keabadian ( حتي يلتقيا الي دار القرار ).

Tiga nasehat penting KH Maimoen Zubair di atas seyogianya dianggap dan dihayati benar-benar oleh kaum jomblo yang masih banyak pertimbangan yang ditolak menikah. Jika diniati ittiba'i sunnatirrasul (mengambil sunnah Nabi), maka keberkahan dan kemuliaan hidup akan digapai dunia-akhirat, امين يا رب العالمين .

(Sumber: bangkitmedia.com)