Setelah Tahun 1993 Ditutup, Kini Guatemala Kembali Merencanakan Membuka Kedubes di Jakarta

 
Setelah Tahun 1993 Ditutup, Kini Guatemala Kembali Merencanakan Membuka Kedubes di Jakarta

LADUNI. ID, JAKARTA - Indonesia dan Guatemala sebelumnya telah membuka hubungan diplomatik pada1990-1992 dan saat itu mereka langsung membukan kedutaan di Jakarta.

Namun, karena ada permasalahan kondisi perekonomian mereka yang td terlalu baik, pada 1993 kedutaan mereka di Jakarta kemudian tutup.

Kini salah satu negara benua Amerika Guatemala berencana untuk kembali membuka Kedutaan Besar mereka di Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah.

Ia menambahkan, rencana itu disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Luar Negeri Guatemala, Luis Fernando Carranza Cifuentes.

"Hari ini saya bertemu dengan Wamenlu Guatemala, Luis Fernando Carranza Cifuentes dan dia besok akan bertemu dengan Wamenlu RI. Dalam pertemuan itu dia menyampaikan rencana untuk kembali membuka kedutaan di Jakarta," ucap Faiza pada Kamis (18/7/2019).

Ia menambahkan, jadi kedatangan wamenlu Guatemala ke Indonesia pada hari ini dan besok ditujukan utk bagaimana membuka kembali kedubesnya di Indonesia.

Ini satu perkembangan yang positif, kita melihat bahwa banyak negara yang semakin melihat arti penting Indonesia dalam konteks hubungan bilateral, dan dalam konteks peran kita di kawasan.