Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

PROFIL

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang yang kemudian disebut STIT Pemalang dirintis oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Pengembangan Sumber Daya Keluarga Indonesia (LP2SDKI) Pemalang. Dengan harapan mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam pembangunan Kabupaten Pemalang dan sekitarnya. Pemenuhan sarana Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, sampai saat ini belum memadai jika dibandingkan dengan kuantitas penduduk yang semakin meningkat. Sebanding lurus keinginan masyarakat meningkatkan/melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk peningkatan karier ataupun pengetahuannya.

Pada awal berdiri  nama STIT Pemalang adalah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pemalang berdasarkan Surat Keputusan Koordinatorat Kopertais Wilayah X Jawa Tengah  nomor: 04  tanggal 8 September 2001, tentang Ijin Operasional dengan 2 (dua) jurusan dan 4 (empat) program studi :
 

  1. Jurusan Pendidikan Agama Islam/Tarbiyah
  2. Program Studi Pendidikan Agama Islam/PAI (S.1),
  3. Program Studi Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Islam/PGTKI (D.2),
  4. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Islam/PGSDI/MI (D.2),
  5. Jurusan Muamalat/Syari’ah; dengan Program Studi Manejemen Perbankan Syari’ah (S.1)

Dalam perkembangannya STAI Pemalang beralih status nama dengan dasar ijin penyelengaraan dari Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI No. DJ.II/42/2005, tentang Persetujuan Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang  Jawa Tengah dan Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam yang di selenggarakan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Pengembangan Sumber Daya Keluarga Indonesia Pemalang Jawa Tengah tertanggal 22 Maret 2005 dan Surat dari Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama  RI No. Dt.II.III/I/PP.02.3/272/2005 tertanggal 24 Maret 2005 Perihal SK Program Studi. Sedang program studi tersebut  adalah :
 

  1. Program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) program sarjana 1
  2. Program Studi PGAISD/PGMI program diploma II
  3. Program Studi PGAITK/PGRA program diplomaII
  4. Program Akta IV
    
    

 

(Catatan: Program studi PGAISD/PGMI D.II dan Program studi PGAITK/PGRA D.II menjadi D.IV berdasarkan edaran dari SK terbaru dari Dirjen Bagais).

Pada tahun 2011, STIT Pemalang mendapat Perpanjangan Izin penyelenggaraan Program Studi Strata Satu pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta berdasarkan Keputusan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia Nomor DJ.I/1470/2011 tertanggal 27 Oktober 2011.

STIT Pemalang dalam rangka memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa program studi S.1 Pendidikan Agama Islam (PAI) telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan (quality assurance), STIT Pemalang dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan Nomor: 002/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008, Tanggal 26 April 2008 Tentang Status, Peringkat, Dan Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi dalam Penilaian Tahun 2008, dengan peringkat B.

 

Pada tahun 2013, STIT Pemalang mampu mempertahankan nilai dan peringkat dalam reakreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan Nomor: 211/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013, Tanggal 19 Oktober 2013 Tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Sarjana dengan nilai 308, peringkat B. Hal ini semakin menambah kepercayaan masyarakat akan eksistensi STIT Pemalang dalam dunia Pendidikan Tinggi.

Pada tahun 2014 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: 6356 tahun 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Program Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang Tahun 2014  tertanggal 10 November  2014 program studi yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang bertambah dengan terbitnya izin operasional penyelenggaraan Program Pendidikan Sarjana sebagai berikut :

 

No.
Program Studi
Program
1.
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Sarjana
2.
Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal
Sarjana
3.
Pendidikan Bahasa Arab
Sarjana
4.
Manajemen Pendidikan Islam
Sarjana

 

Pada tanggal 3 bulan mei tahun 2016 Program Studi Pendidikan Agama Islam mendapat perpanjangan izin penyelenggaraanya. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2502 tahun 2016 tentang Perpanjangan Izin penyelenggaraan izin Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang.

Saat ini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang sedang melakukan proses Pembaharuan pendidikan, dengan mencetak para praktisi yang memiliki kemampuan kompetensi di bidang pendidikan dan pengajaran yang berkualitas agar tercipta pendidik, peneliti, administratur secara profesional di bidang pendidikan Islam.


PROGRAM STUDI (PRODI)

  1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  3. Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
  4. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
  5. Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
     


ALAMAT

Jl. DI Panjaitan KM 3, Paduraksa, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
Kode Pos:  52319
Telepon: (0284) 323741
Email : stitpemalang@yahoo.co.id

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi :  https://stitpemalang.ac.id

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang