Jamaah Haji Indonesia yang Berumur Lebih dari 95 Tahun Sudah Tiba di Tanah Suci

 
Jamaah Haji Indonesia yang Berumur Lebih dari 95 Tahun Sudah Tiba di Tanah Suci

LADUNI.ID, Jemaah haji dari Indonesia yang berusia di atas 95 tahun yang berjumlah 69 orang telah tiba di Tanah Suci dan mereka akan mendapatkan perhatian khusus agar pelaksanaan ibadah hajinya berjalan dengan lancar.

Subhan Cholid, Kepala Daerah Kerja Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Sabtu, (20/07) mengatakan dari total kuota 231.000 jemaah haji tahun ini lebih dari 60 persen di antaranya adalah lansia.

Subhan Cholid mengatakan “Kurang lebih 63 persen jemaah haji tahun ini adalah lansia, kami akan berikan perhatian khusus,”.

Namun lantaran terbatasnya jumlah petugas haji pihaknya mendorong para petugas kloter dan rekan serombongan jemaah haji lansia untuk juga aktif memberikan bantuan kepada mereka.

Tercatat sebanyak 69 calon haji yang telah berusia di atas 95 tahun sudah mendarat di Tanah Suci beberapa di antaranya di Madinah dan sebagian yang lain di Mekkah.

Jemaah haji yang tertua yang sudah sampai di Tanah Suci yakni Islandar Ilham Sajadi yang lahir di Ponorogo, 4 September 1911, atau tahun ini berusia 107 tahun yang tergabung dalam kloter UPG 16 dari Kabupaten Merauke, Papua.

Jemaah haji yang berusia lebih dari 100 tahun ada lima orang selain Iskandar yakni Kartium Taip Kardi (103) dari Kabupaten Lombok Timur NTB, Siti Hati Monalam (102) dari Bangkalan, Madura, Tiwa Sajarin Ahmad (102) dari Pamekasan, Madura, dan Mohammad Animuddin Salim (100) dari Sampang, Madura.

Tiwa Sajarin Ahmad yang tergabung dalam Kloter SUB-11 misalnya merupakan salah satu jemaah haji tertua yang telah tiba di Makkah.

Sebelumnya telah menjalankan ibadah di Madinah dan mengaku tak mengalami kendala kesehatan apapun selama menjalankan rangkaian ibadahnya.

“Saya bahagia sekali, waktu di Raudhah saya berdoa sampai menangis,” kata Nenek Tiwa saat ditemui Tim Media Center Haji di pondokannya di kawasan Mahbas Jin, Makkah, tak lama setelah tiba di Kota Mekkah dan rampung melaksanakan ibadah umroh wajib.