Pesantren Al Imdad Bantul , Yogyakarta

Pesantren Al Imdad Bantul , Yogyakarta

Profil

AL-IMDAD adalah Nama sebuah Pondok yang didirikan oleh KH Humam Bajuri di dusun kauman Wijirejo Pandak Bantul, dusun yang terletak di dekat perbatasan Kabupaten Bantul dan Kulon Progo tepatnya sebelah timur Sungai Progo kurang lebih berjarak 2 km. Pondok Pesantren Al-Imdad mula-mula hanya suatu Majlis Ta’lim yang diasuh oleh K. Humam Bajuri sepulang dari nyantri di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.
 
Pada waktu itu pengajian yang diselenggarakan belum menggunakan bangunan khusus untuk pengajian, akan tetapi dengan tempat yang sederhana yaitu di pendapa rumah,Beliau mengajarkan santrinya dengaan istiqomah sehingga makin lama makin bertambah banyak santri yang mengaji kepadanya. Pada akhirnya KH Humam Bajuri membeli sebidang tanah yang diatasnya terdapat bangunan lama yang masih layak dipakai, sehingga kegiatan pengajian dipindahkan di bangunan tersebut.
 
Sedikit demi sedikit KH Humam Bajuri mulai membangun gedung untuk tempat Pengajian serta penginapan para Santri yang datang dari jauh, dan pada tahun1984 mulailah didirikan sebuah bangunan khusus untuk tempat kegiatan pengajian para santri sekaligus untuk penginapan santri yang datang dari jauh .KH Humam Bajuri membangun gedung tempat pengajian maupun asrama santri dengan rizqi hasil jerih payahnya sendiri.
 
Seiring dengan perjalanan waktu, PP Al-Imdad telah mampu mengembangkan pendidikan-pendidikan yang dikelolanya, sampai sekarang PP Al-Imdad telah memiliki dua komplek asrama putra dan putri, musholla putra-putri serta gedung-gedung ruang kelas dan perkantoran serta sarana lain untuk mencukupi keperluan para santri.



Pengasuh

  1. KH Humam Bajuri
  2. KH Habib Abdus Syakur

Pendidikan

Pondok Pesantren Al Imdad Bantul, Yogyakarta dalam pengembangan pendidikannya membuka beberapa unit pendidikan sebagai berikut:       
    

I. PROGRAM PENDIDIKAN

1. Tahfidz al-qur`an

Program ini ini meliputi Pembelajaran Membaca Al Qur’an, Menghafal al-Qur`an dan mempelajari Ilmu-ilmu al-Qur`an diantaranya: Ilmu Tajwid, Adab penghafal al-Qur`an, Ilmu tafsir, Tafsir Al Qur’an dan lain-lain.

2. Taman Pendidikan Al-qur`an (TPQ)

Program ini diperuntukkan bagi anak-anak usia TK dan SD yang ingin mempelajari baca tulis al-Qur`an, tata cara sholat, hafalan surat-surat pendek, do’a-do’a harian, aqidah, akhlaq, dan lain-lain.

3. Madrasah Diniyyah

Madrasah Diniyyah merupakan program kelanjutan dari TPQ, setelah mampu membaca al-Qur`an dengan baik. Di madrasah ini dipelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan al-Qur`an, dasar-dasar kaidah bahasa Arab, aqidah, akhlaq, fikih, dan tarikh.

4. Madrasah Tsanawiyyah

Madrasah Tsanawiyyah adalah jenjang pendidikan setingkat SMP yang mengikuti Kurikulum Kemenag maupun Kemendiknas dan dikombinasikan dengan kurikulum pesantren, sehingga dapat dinamakan SMP plus plus.

5. Pembelajaran membaca kitab  kuning

Ini adalah pelayanan bagi santri yang menginginkan program intensif untuk dapat membaca kitab kuning secara cepat, dengan modal dapat membaca tulisan Arab yang berharokat dalam waktu singkat santri dapat membaca kitab kuning.

6. Majlis Ta’lim

Program Majlis Ta’lim diikuti oleh Santri tingkat lanjut, maupun masyarakat umum dengan berbagai macam kitab, diantaranya Fikih, Akhlaq, Tagfsir dll.

7. Majlis Mujahadah

Majlis ini merupakan majlis untuk berdoa yang diikuti oleh Santri, Alumni, Wali Santri, dan Masyarakat. Untuk santri dilaksanakan setiap malam jum’at dan untuk wali santri dan masyarakat dilaksanakan setiap malam jum’at wage.

Pendidikan Formal
1. MTs
2. MA 


Pendidikan Non Formal
1. Madrasah Diniyah
2. TPQ
3. Mahad Aly


Ekstrakurikuler

  1. Hadroh
  2. Seni Baca Al-Qur`an
  3. Kaligrafi
  4. Sepak bola
  5. Seni bela diri IPSNU Pagar Nusa
  6. Life Skill

 

Fasilitas

  1. Asrama santri (putra/putri)
  2. Musholla
  3. Ruang kelas
  4. Ruang MCK
  5. Poskestren
  6. Kantor pondok
  7. Kantor madrasah
  8. Ruang guru
  9. Perpustakaan
  10. Gudang
  11. Sarana olah raga
  12. Laboratorium komputer
  13. Tempat pengolahan sampah terpadu

Alamat

Kauman Wijirejo Pandak Bantul
Kode Pos: 55761
Telepon:  0274-8000088 

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://al-imdad.org

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni Pesantren Al Imdad Bantul , Yogyakarta