Pesantren Kyai Parak Bambu Runcing Kab. Temanggung

Pesantren Kyai Parak Bambu Runcing Kab. Temanggung

Profil

Perintisan Pondok Pesantren Kyai Parak Bambu Rucing Parakan Kabupaten Temanggung, tidak lepas dari perjuangan pendirinya yaitu KH. Muhaiminan Gunardho.

KH. Muhaiminan Gunardho sepulang dari serangkaian pemondokan (mendalami ilmu agama) mengikut sertakan dalam organisasi-organisasi keagamaan dan kemasyarakatan, sehingga ilmu-ilmu yang didapat dimanfaatkan dan dikembangkan. Pada periode ini, sekitar tahun 1950, KH. Muhaiminan Gunardho dalam perjuangan keagamaan mulai memberikan pengajian kitab-kitab kuning kepada pemuda-pemudi parakan.

Dan dengan ilmu kepesantrenan yang dimotifasi dengan ilmu bela diri semakin berkembang dan bertambah. Masyarakat menganggap bahwa kegiatan ilmu bela diri merupakan kegiatan paten khususnya bagi mereka yang masih muda. Pengajian yang diberikan lebih diprioritaskan pada ilmu nahwu shorof, fiqh dan lain sebagianya.lokasi pengajiannya di rumah peninggalan ayahandanya yaitu R. Abu Hasan (KH Sumomihardho).

Dorongan situasi dan lingkungan memberikan kekuatan terhadap perjuangan KH. Muhaiminan Gunardho. Sehingga kegiatan-kegiatan pengajian dan persilatan berjalan dengan rutin, menjadikan daya tarik kepada masyarakat sehingga semakin banyak masyarakat yang berdatangan. Pada tahun 1954 Dengan jumlah santri yang banyak, kemudian KH. Muhaiminan Gunardho mendirikan pondok pesantren yang beralamat di jalan Coyoudan 03 RT 01, RW 13 Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.

Pondok pesantren tersebut belum diberi nama, tetapi masyarakat parakan memanggil tempat pengajian KH Muhaiminan dengan sebutan "Nggone Mbah Parak". Beliau sendiri sebenarnya pernah memberi nama dengan "Manba'ul Falah", namun nama ini hilang karena orang lebih suka memanggil Pondok Kyai Parak.

Dengan mengenang sejarah Bambu Runcing, dimana ayahanda beliau termasuk pelopornya, jadilah nama tersebut menjadi “Pondok Pesantren Kyai Parak Bambu Runcing”. Kisah penamaan Pondok Pesantren Kyai Parak Bambu Runcing, sebenarnya terdiri dari dua kelompok kata yaitu “Kyai Parak” dan “Bambu Runcing”.

“Kyai Parak” diambil dari tokoh pembuka pertama kota Parakan, sedangkan “Bambu Runcing” diambil dari kegiatan perjuangan para ulama Parakan di masa – masa perjuangan pra-kemerdekaan yang banyak memberikan motivasi mental dan semangat kepada para pejuang hingga terkenal dengan nama semangat Bambu Runcing Parakan.


Kemudian seiring dengan banyaknya santri yang berdatangan dan jamaah pengajian selapanan yaitu tiap hari selasa. Beliau kemudian membeli tanah di sebelah kamar rumahnya. Hingga kemudian mendapatkan wakaf dari Bupati temanggung berupa tanah desa di belakang rumahnya seluas 245 m2.

       Pengasuh

  1. KH. Muhaiminan Gunardho

Pendidikan

Pendidikan Madrasah Pondok Pesantren Kyai Parak Bambu Runcing memadukan tiga fan pokok dalam tradisi ilmiyah islam salaf yaitu tauhid, fiqh, dan hadis. Dengan pendalaman seperlunya pada fan ilmu alat dan tasawuf.
 
Kegiatan kemadrasahan merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan kegiatan lain di luar itu, dengan menitikberatkan pada bimbingan intensif amaliyah dalam kehidupan sehari-hari.
 
Sebagai bukti bahwa alumnus Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Pesantren Kyai Parak Bambu Runcing telah memperoleh pengakuan dari berbagai lembaga. Di antara mereka banyak yang melanjutkan pendidikan di Universitas dan pendidikan tinggi tanpa harus mengikuti Uper dan hanya dengan ijazah madrasah pondok.
 
Beberapa diantara mereka berprofesi sebagai pengajar di berbagai lembaga pendidikan baik formal dan non formal, pegawai negeri, wakil rakyat, dan berbagai profesi kemasyarakatan dan sepanjang penyelidikan yang dilakukan mereka dapat diterima dengan baik oleh lingkungan di sekitarnya.

                 Pendidikan Formal

  1. Madrasah Aliyah Salafiyah

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Life Skill
  8. Marchingband
  9.  Komputer
  10. Pramuka
  11. Seni Hadroh
  12. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  13. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
     


 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan
13. Sarana Olahraga
14. Gudang
15. Sarana Ketrampilan Praktek Kerja
 


Alamat

Jalan Coyoudan 03 RT 01, RW 13 Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.

Telpon: (0293) 597160

Kode Pos : 56264

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Kyai Parak Bambu Runcing Kab. Temanggung