Enam Jurnalis Afghanistan Hilang Diculik Kelompok Taliban

Enam Jurnalis Afghanistan Hilang Diculik Kelompok Taliban

LADUNI.ID, Enam jurnalis Afghanistan yang bekerja untuk organisasi media swasta dan pemerintah Provinsi Paktia Timur dikabarkan hilang diculik  Pejuang Taliban.

Pada hari Jumat (6/9), Para wartawan, yang bekerja untuk perusahaan berita radio dan TV yang menyiarkan berita dalam bahasa Pashto dan Dari itu diculik saat bepergian bersama dari provinsi tetangga Paktika ke Paktia untuk menghadiri lokakarya media.

Abdullah Hasrat, juru bicara gubernur Paktia perihal penculikan itu, dikutip dari Reuters, Minggu (8/9) mengatakan "Kami berusaha untuk merundingkan pembebasan mereka dengan Taliban,".

Juru bicara Taliban mengonfirmasi penculikan enam wartawan oleh pejuang mereka. Dia mengaku bahwa kelompok Taliban akan segera membebaskan para pewarta tersebut karena keliru telh menculik mereka.

Zabihullah Mujahid, juru bicara kelompok gerilyawan garis keras mengonfirmasi "Ya, mujahidin kita (pejuang) telah secara keliru menculik mereka,".

Mujahid menambahkan "Saat ini layanan seluler tidak berfungsi, tetapi mereka akan segera dibebaskan setelah kami melakukan kontak dengan komandan setempat,".

Perlu Diketahui, Afghanistan adalah negara paling mematikan di dunia bagi mereka yang menjadi jurnalis. Pada 2018 tercatat 13 jurnalis tewas menurut Komite untuk Perlindungan Jurnalis (CPJ). Namun catatan Federasi Jurnalis Internasional menyebutkan 16 wartawan yang tewas pada tahun lalu.