Ketika Istri Marah Pijitlah Hidungnya

Ketika Istri Marah Pijitlah Hidungnya

LADUNI.ID, Jakarta - Sebaik apapun istri pasti pernah marah dengan suaminya , dan sesholeh apapun suami pasti pernah tidak bertegur sapa dengan istrinya.

Marah dalam kehidupan rumah tangga itu seperti bumbu, seperti masakan yang tidak enak jika tidak ada bumbu. Begitu juga rumah tangga yang tidak pernah ada masalah maka tidak akan pernah menjadi rumah tangga yang berkualitas dan naik kelas.

Di antara obat ketika marah adalah diam. Dalam sebuah riwayat dikatakan:

دووا الغضب بالصمت

"Obati marah dengan diam"

Dr Aid Al Qorni mengatakan dalam bukunya  "Al Hillu" menyebutkan:

إذا غضب الزوج فلتسكت الزوجة وإذا غضب الزوجة فليسكت الزوج ، وأما غضب فى غضب فجحيم لا يطاق

"Jika suami marah, maka diamlah istri  dan jika istri marah, maka diamlah suami. Karena marah dibalas dengan marah adalah neraka yang tidak tertahankan nyalanya."

Marah dibalas dengan marah bagaikan api bertemu dengan bensin yang akan menyebabkan api semakin berkobar.

Suami dan istri tidak akan bisa menemukan solusi dalam permasalahan rumah tangga jika amarah sedang merasuki keduanya, karena jika amarah hadir, maka diam. Segeralah keluar cari tanah yang lapang atau udara yang segar lalu masing masing segera introspeksi diri.

Selain itu, di antara cara meredam emosi istri adalah dengan memijit hidungnya, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasululullah.

Beliau biasa memijit hidung Aisyah jika dia marah, sambil berkata, “Wahai Aisyah, bacalah do’a, ‘Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan’.” (HR Ibnu Sunni).

Jadi mudahkan meredakan emosi istri, yaitu semudah anda memijit hidungnya.

Tabik,
=================
Juneidi
Warga NU Cipayung Jaktim