Presiden Rusia Sodorkan Alutsista Kepada Arab Saudi Setelah Serangan Drone

 
Presiden Rusia Sodorkan Alutsista Kepada Arab Saudi Setelah Serangan Drone

LADUNI.ID, Presiden Rusia, Vladimir Putin menyodorkan sistem pertahanan milik Rusia kepada Arab Saudi untuk melindungi wilayahnya. Tawaran itu disampaikan Putin usai kilang minyak Arab Saudi diserang pada akhir pekan kemarin.

Berdasarkan penjelasan Putin yang dilansir situs CNN Indonesia, Saudi bisa mengikuti jejak Iran yang membeli sistem rudal S-300 milik Rusia.

"Kami siap membantu Arab Saudi sehingga dia dapat melindungi wilayahnya," kata Putin dikutip AFP.

Pada konferensi pers bersama para pemimpin Turki dan Iran di Ankara, Putin mengatakan "Dan dengan cara yang sama seperti yang telah dilakukan Turki membeli sistem rudal S-400 Rusia," .

Kremlin juga mengingatkan Amerika Serikat untuk tidak terlalu cepat menuding Iran menjadi pihak yang bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Akan tetapi, pemberontak Houthi di Yaman mengklaim berada di balik serangan pesawat nirawak itu.

Pada tempat yang sama, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan serangan itu merupakan tindakan membela diri kelompok Houthi. "Yaman adalah target pemboman. Rakyat Yaman telah dipaksa untuk merespons, mereka hanya membela diri," katanya.

Hari senin, pemberontak Houthi mengancam untuk melakukan lebih banyak serangan dan mendesak orang asing untuk menjauh.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, menyebut tidak ada bukti yang memaparkan bahwa serangan itu dilakukan dari Yaman.

Pejabat senior AS mengatakan, bukti sejauh ini mengindikasikan bahwa Iran yang berada di balik serangan itu.

Serbuan drone tersebut turut memangkas setengah produksi minyak Saudi, hingga membuat Riyadh dan Washington berencana menggunakan cadangan strategis mereka. Presiden Donald Trump mengisyaratkan bahwa AS siap berperang untuk membela Saudi, sekutu dekatnya, terkait insiden itu.