Kyai Ma’ruf Jadi Wapres, "Ayo Mondok" Bergaung Keras

 
Kyai Ma’ruf Jadi Wapres,

LADUNI.ID, Jakarta - Dilantiknya Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden pada Ahad (20/10) kemarin, membuat publik tercengang. Kiai Ma’ruf Amin yang datang dari kalangan pesantren, ternyata mampu menjadi orang penting di Indonesia, bahwa seorang santri juga bisa menjadi orang luar biasa.

Hal ini seperti diutarakan Gus Baha bahwa zaman sekarang sudah berubah, bahwa santri bisa menjadi orang berharga dan berbakti untuk nusa dan bangsa. Bahkan, dilantiknya kiai Ma’ruf Amin membuat gerakan Ayo Mondok makin bergaung keras, seperti pada tulisan Gus Baha’ sebagai berikut.

***

Tahun 1960-an hingga 3 dasawarsa berikutnya, masih banyak orangtua yang bilang kepada anaknya, "Kamu nggak usah mondok. Santri nggak bisa apa-apa. Bisanya cuma ngajar ngaji. Udah gitu miskin. Tuh lihat tetangga kita."

Kini, zaman berubah. Orangtua seperti itu masih ada. Tapi lebih banyak yang berkata dengan nada optimis, "Kamu harus mondok, nak. Biar bisa menjadi orang baik yang bermanfaat, bukan hanya untuk Islam tapi juga untuk Indonesia, negeri tercinta ini. Santri itu bisa menjadi apa saja. Termasuk menjadi Presiden RI seperti KH. Abdurrahman Wahid, dan Wakil Presiden RI seperti KH. Ma'ruf Amin."

Ayo mondok!

(Gus Baha)