Safari Ziarah dan Bertawassul di Makam KH Muhammad Subadar Pasuruan

Safari Ziarah dan Bertawassul di Makam KH Muhammad Subadar Pasuruan

Sekilas Sejarah

KH Muhammad Subadar atau KH Mas Subadar adalah Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Besuk, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. beliau adalah Kiai karismatik kelahiran Besuk Kejayan Pasuruan pada tahun 1942 dari pasangan KH. Subadar dan Hj. Maimunah.

Beliau dididik lingkungan keluarga yang sarat religius. Termasuk belajar pada kakak-kakaknya seperti KH Ali Murtadlo dan KH Ahmad di Pondok Pesantren Besuk, Pasuruan. Di Pesantren Lirboyo, Kediri, KH M Subadar menemukan tempat belajar yang sesungguhnya. Hari-hari di pondok, dihabiskan untuk mengaji dan belajar berbagai cabang keilmuan.

KH Mas Subadar adalah salah seorang Rais Syuriah PBNU ini sangat dikenal di kalangan jam’iyyah umat Islam. Ia sering mengemban tugas-tugas khusus di organisasi tersebut. Di forum kiai, sering ditunjuk sebagai juru bicara. Sikapnya yang teguh dan senantiasa berpegang teguh pada koridor kajian fiqh klasik itulah yang menyebabkan sering dilibatkan dalam bahstul masa’il yang diselenggarakan NU.

Di organisasi NU pada tahun 1967 ia mulai berkiprah, beliau mulai aktif di IPNU, dua tahun kemudian namanya langsung mencuat sebagai ketua GP Anshor Pasuruan. Aktivitasnya di organisasi sempat terhenti setelah menikahi Aisyah pada tahun 1969. Baru pada kisaran 1976, kembali terjun dalam kegiatan organisasi dan sekaligus mengasuh Pesantren Raudhotul Ulum.

Beliau wafat pada hari Sabtu, 30/07/2016 sekitar jam 19:43 WIB setelah menjalani perawatan di RS. Darmo, Surabaya.

Lokasi Makam

KH Muhammad Subadar dimakamkan di Pemakaman Keluarga Sladi Kejayaan Kabupaten Pasuruan.

 

yang Sudah Mengunjungi Safari Ziarah dan Bertawassul di Makam KH Muhammad Subadar Pasuruan