Islam Nusantara

 

Karakter Mbah Kyai Wahab Chasbullah

Mbah Wahab itu itsar, senantiasa mengutamakan kepentingan Bersama dibandingkan kepentingan pribadinya. Mbah Wahab itu visioner, memiliki visi yang jelas tentang masa depan, mau dibawa ke mana pesantren, dibawa ke mana NU dan bangsa, semuanya telah beliau perhitungkan dengan matang.

Hadratussyaikh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari: Antara Ilmu Tafsir, Hadis, dan Fikih

Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari sebagai pendiri ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama, juga masyhur dikenal sebagai ulama ahli hadis. Sudah sepantasnya kita sebagai santrinya harus bisa atau paling tidak mendekati untuk mengikuti jejak beliau dalam keilmuannya. Kita juga harus menjadi ahli hadis.

Menimba 'Berlian' dari Riwayat Hidup Mbah Sidik Jember

“Sidik Jember, Sidik Jember, Sidik Jember!” Begitulah R. KH. Moh. Kholil, pengasuh Pondok Pesantren Kademangan Bangkalan, berteriak-teriak menyambut santrinya Mohammad Sidik, dari Lasem, ketika sowan ke Bangkalan untuk menanyakan gundah hatinya terkait dengan masa depan pengabdian hidupnya di jalan Tuhan.

Kisah Kopyah Kyai As'ad Tak Mempan Dibom

KHR. As’ad Syamsul Arifin bukan merupakan sosok kyai yang biasa-biasa saja, beliau memiliki karomah yang sangat luar biasa. Tak jarang karomah beliau dilihat langsung oleh santri atau orang yang sedang berada di dekat beliau.terdapat kisah menarik yang menceritakan tentang hebatnya karomah KHR. As’ad Syamsul Arifin

Interaksi Gus Dur dengan Buku, Musik, Seni dan Film

Saya sendiri bukan pelukis seperti sahabat Dhinus Mahatva atau Nandang, tapi setidaknya perjumpaan pemikiran pada persoalan filsafat, kebangsaan dan pluralisme, termasuk tema-tema lukisan dan tafsirannya ia menjadi obrolan yang selalu hadir dan mengalir begitu saja, syaratnya cukup kretek dan seruput kopi liong.

Karena Terlalu Alim, Syekh Nawawi Al-Bantani Pernah Dideportasi

Syekh Nawawi mashyur dikenal sebagai figur ulama yang alim pada zamannya. Saking alimnya, beliau pernah dideportasi dari Haromain karena kecemburuan ulama setempat atas prestasi dan karir akademik beliau sebagai pengajar di Masjidil Haram.

Gus Nadir: Qurban dan Tradisi (bagian 2)

Postingan yang baru terdahulu, kami sampaikan contoh (tentang kurban) bagaimana Islam menganjurkan kita untuk melanjutkan tradisi baik yang dilakukan orang-orang saleh sebelum kita.

Gus Nadir: Qurban dan Tradisi (bagian 1)

Kurban merupakan tradisi dari Nabi Ibrahim yang kemudian kita (umat Islam) ikuti. Sebenarnya tradisi berkurban ini bisa dilacak sampai ke belakang jauh sebelum Nabi Ibrahim, yaitu tepatnya pada kisah Habil-Qabil, putra Nabi Adam.

Buya Husein: Pengalaman yang Tak Terlupakan Tentang Taqdim al-Naql 'ala al-'Aql

Aku masih mengingat penuh, peristiwa masa lalu. Peristiwa itu amat mengesankan dan menjadi catatan krusial dalam hidup. Aku tak bisa melupakannya.

Kisah Ke-NU-an KHR. As’ad Syamsul Arifin

Kiai As’ad pernah berkata kepada santrinya, “Santriku yang keluar dari NU jangan harap kelak berkumpul denganku di akhirat.” Karena kelak siapa yang masih tetap di jalan NU maka Kiai As’ad akan mengawalnya sampai ke syurga.