Artikel Keagamaan

 

Begini Hukum Menyebarluaskan Skandal Zina dan Prostitusi Online

Menyebarkan skandal zina dan prostitusi online tentu tidak baik. Lantas bagaimana hukumnya?

Menguji Konsep NKRI Bersyariah dalam Politik Global (Bagian 1)

Tulisan ini membahas mengenai definisi NKRI Bersyariah yang dikemukakan HRS. Seperti apa?

Nabi Tak Pernah Mencaci-Maki

Para sahabat Nabi saw. Memberikan kesaksian bahwa Nabi Muhammad Saw, adalah manusia yang tidak pernah berkata-kata buruk, apalagi mengutuk atau mencaci-maki orang lain:

Hubungan Hadist dengan al-Qur'an Seri 3

Memahami dan mengerti al-Qur'an tidak cukup dengan terjemahannya, tapi perlu penjelasan dan tafsir. Salah satu tafsir al-Qur'an adalah apa yang ada pada diri Nabi Muhammad Rasulullah SAW. sebagaimana pernah dijelaskan 

Melihat kemu'jizatan al-Qur'an

Al-Qur'an menantang siapa pun yang merasa hebat dalam kesusastraan, kebahasaan, atau pakar apa pun. Tantangan Al-Qur'an tidak main-main, redaksi yang digunakan menggunakan kalimat perintah, "....buatkanlah satu surat (saja) yang semisal Al-Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolong selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar...(2:23).

Bersikap Hati-hati Terhadap Provokasi Politik

Memasuki tahun politik berbagai macam kepentingan, melalui media sosial online, memfitnah, menyebarluaskan fitnah, menghina, menjelek-jelekkan, mencaci maki, mencari-cari kesalahan dan kejelekan orang lain, lalu disebarluaskan. Termasuk menyebarluaskan berita bohong, berita hoax sama dengan ikut berbohong. Semua ini adalah dosa, l

Ustadz Ma'ruf Khozin: Madzhab Al-Hafidz Ibnu Hajar di Bidang Akidah dan Fikih

saya mendapat hadiah kitab dari Kyai Nur Rohmad yang mengulas Akidah Imam Ibnu Hajar Al Asqalani yang terdapat dalam kitab Fathul Bari.

Ustadz Munari Abdillah: Bughats (Burung Gagak)

Bughats" anak burung gagak yang baru menetas. Burung gagak ketika mengerami telurnya akan menetas mengeluarkan anak yang disebut "bughats". 

Hubungan Hadist dengan al-Qur'an Seri 2

Wujud Akhlak Rasulullah SAW. adalah Cinta Salah satu ayat yang sangat populer pada bulan Maulid atau Rabi'ul Awwal adalah: 

Hubungan Hadist dengan al-Qur'an Seri 1

Sumber utama hadis adalah Nabi Muhammad SAW. Ucapan, perilaku, sifat-sifat dan takrir Nabi SAW., itulah namanya hadis. Keberadaan hadis dalam hubungannya dengan al-Qur'an adalah sebagai penafsir al-Qur'an. Itulah sebabnya para ulama merumuskan kaedah bahwa di antara syarat bagi seorang penafsir al-Qur'an adalah harus mengerti hadis dan ilmu hadis. Allah SWT menegaskan: