Artikel

 

Organisasi di Persimpangan Jalan

Kenapa organisasi kemahasiswa hari ini banyak beroleh sorotan tajam? Mulai dari kritik tajam yang dilengkapi dengan referensi ilmiah, kata-kata penuh nyinyir yag menyudutkan sampai cemo’ohan yang membuat organisasi mahasiswa seolah tak memiliki legitimasi apa-apa atas keberadaannya di jagat pertiwi ini.

Tentang Hujan dan Malaikat Mikail

Sepertinya tidak ada yang aneh tentang hujan, bermula awan, rintik, kadang angin menyapa lembut, hujan datang berdendang. Bahkan, ada yang tidak peduli dengan kedatangannya, bila ia bertandang, payung siap menghadang.

Kontekstualisasi Kitab Kuning

 Di hadapan ratusan mahasantri Ma'had Aly se Indonesia, yang sedang menyelenggarakan "Bahtsul Masail Nasional I di Pesantren Al-Rifa'i, Malang, saya diminta bicara tentang "Kontekstualisasi Kitab Kuning". Saya antara lain mengatakan : Perubahan adalah niscaya.

Literasi dalam Islam : Perbedaan Syarah dan Ta'liq

Istilah “ta’liq” (التعليق) disebut juga “ta’liqoh” (التعليقة). Bentuk jamaknya adalah “ta’liqot (التعليقات) atau “ta’aliq” (التعاليق). Secara bahasa, makna ta’liq adalah “komentar” atau “penjelasan” atau “catatan”. Kalimat yang berbunyi “u’alliqu ‘ala kalamihi” bermakna, “Saya mengomentari ucapannya”

Mewariskan Ingatan

Mewariskan ingatan adalah sebuah langkah kecil tapi berdampak besar. Apabila seserang merawat ingatan mengenai kebersamaan, optimisme, dan cinta kasih lalu diwariskan secara turun temurun, maka proses ini akan mengkristal dalam benak dan berlanjut pada tindakan seseorang.

Para Peniru Kaum Sufi

Kini kaum shufi yang bersih, ikhlas lahir dan batin, telah tiada sejak mereka wafat. Kini yang tersisa hanyalah kisah-kisah indah mereka. Para peniru mereka kini berhimpun dalam organisasi tarekat yang semakin kehilangan hakikatnya, karena kosong dari ilmu, kejahilan yang merata, kecintaan pada dunia, dan kerakusan untuk meraih tujuan-tujuan rendahan dari kehidupan duniawi.

Hanya Tuhan yang Pantas Menertawakan

Suatu waktu ada seorang anak bergegas membeli sepotong pizza untuk ibunya yang baru datang dari kampung. Makanan ala Italia tersebut tergolong istimewa dengan citarasa khas dan dianggap paling enak. Dalam benak pemuda tersebut, ibunya pasti menyukainya dan akan mengatakan enak sebagaimana dirinya yang lebih dulu jatuh selera pada pizza.

Jangan Ramaikan Pilpres dengan Hoaks

 Di tahun politik ini ada saja yang menarasikan seolah-olah NU akan menjadi pendukung Nasakom (Nasionalis, Agama, Komunisme) baru kalau Jokowi menang Pilpres. Ilusif dan a-historis.

Seputar Kealiman Mbah Maimoen

Walau hanya 40 harian saya mondok posoan di tempat Mbah Yai Maimoen Zubair Sarang waktu ngaji kitab as-Syifa. Hati ini tidak akan pernah mampu memungkiri bahwa Beliau Alim, Allamah, Mutabahhir; Ilmunya nyegoro.

Kalender Arab, Tionghoa, dan Jawa

Kalender bukan hanya soal hitung-hitungan hari/tanggal/tahun serta perayaan hari liburnya, bukan pula foto-foto caleg dan janji-janji yang terpampang di halaman mukanya. Ia berkaitan dengan sejarah dan peradaban, dan urusan politik ketika kalender itu ditetapkan.