Artikel

 

Dahsyatnya Waktu

Secara sederhana dalam kehidupan sehari-hari, sering ditemui jika seseorang sering mengucapkan sesuatu dengan kalimat yang sama berarti ia menyenangi kalimat itu atau kalimat itu memiliki makna yang penting yang menjadi motivasi atau inspirasi dalam gerak langkahnya. Jelasnya bahwa ada nilai tinggi yang terdapat dalam kalimat itu.

Ustadz Ma'ruf Khozin : Tetap Jaga Persaudaraan

Nabi shalallahu alaihi wasallam memang berperang, mengangkat senjata dan menjadi panglima perang.

Allah Berikan Tiga Nikmat Kepada Makhluk-Nya Sebagai Bentuk Kasih Sayang

Dalam sebuah hadits qudsi yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Allah SWT menyatakan bahwa pada awalnya manusia berada pada kondisi yang lemah, tidak punya apa-apa dan tidak berdaya, namun karena sayang-Nya kepada kita melebihi dari sayang seorang ibu kepada anaknya, rahmat-Nya mengalahkanya murka-Nya,

Ego SPiritual

da dua komunikasi dan jalinan silaturrahim yang harus selalu kita jaga dan bina yakni komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal. Komunikasi vertikal sebagai jalinan dialog antara Pencipta dan yang diciptakan, antara Yang Maha Kuasa dan yang biasa saja, antara yang dipuja dan yang setara

Jangan Salahkan Mereka

Tiada hari dan berita tanpa informasi tentang kerusakan moral  di negeri ini, mulai dari yang berskala besar, sebutlah korupsi miliar hingga triliunan rupiah, tentang murahnya nyawa manusia yang kadang hanya persoalan sepele namun berujung maut, hingga dunia anak-anakpun mudah ditemui kekerasan baik kekerasan fisik, psikis maupun dekadensi moral lainnya.

Sekolah Itu Menghidupkan, Bukan Mematikan Mereka

Satu hari, penulis didatangi beberapa alumni sekolah di tempat penulis bertugas saat ini.

Filosofi Iqra'

Perintah membaca menjadi instruksi pertama dalam Islam. Dalam sejarah pewahyuan pertama kalinya, kata ini (Iqra) sebanyak tiga kali diucapkan oleh Malaikat Jibril saat menyampaikannya kepada Nabi Muhammad SAW, dan dua kali dapat ditemukan dalam QS. al-Alaq.

Cinta Indonesia Ala Ali Ahmad Bakatsir

Ali Ahmad Bakatsir (1910-1969) adalah sastrawan Arab kelahiran Surabaya yang sangat mencintai tanah kelahirannya. Walaupun sejak 1934 ia mukim di Cairo,

Benarkah Pendidikan Indonesia Kehilangan Arah

Dimana letak bermartabat dan majunya sebuah bangsa? Banyak kemungkinan jawaban yang dapat ditemukan. Ada negara yang maju dengan peralatan teknologinya, ada negara yang terkenal dengan disiplin waktunya, ada negara yang disegani karena angkatan bersenjatanya, ada negara yang menjadi rebutan karena memiliki sumber daya alam (SDA)

Mazhab Medsos

Istilah mazhab medsos ini, penulis ketahui digunakan oleh Komaruddin Hidayat, Guru Besar  Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Dalam hal referensi dan pencerahan wawasan keislaman dan keindonesiaan penulis, Prof. Komaruddin Hidayat adalah salah satu rujukan dalam mengembangkan wacana dan pengayaan pengetahuan.