Hewan, Qurban, dan Aqiqah

 

Hukum Fakir Miskin yang Menjual Daging Atau Kulit Hewan dari Kurban

Fuqara, masakin yang menerima pembagian daging/kulit udhhiyah lalu menjualnya kepada ghair al-muslim hukumnya sah ma’ al-hurmah ‘ala al-mu’tamad.

Memukul Hewan untuk Memudahkan Penyembelihan

Memukul hewan untuk memudahkan pemotongan (disembelih) seperti terjadi di rumah pemotongan hewan dengan mesin, hukumnya haram, karena termasuk ta’dzib al-hayawan.

Hukum Pemotongan Hewan dengan Mesin

Bagaimana hukumnya pemotongan hewan dengan mesin?.

Ustadz Ma'ruf Khozin: Bolehkah Makan Daging yang Masih Ada Sisa Darahnya?

Di antara hal yang sulit untuk dihindari adalah darah yang tersisa pada daging dan tulangnya. Sedikit ulama Syafi’iyah yang menjelaskan masalah ini, di antaranya adalah Abu Ishaaq Ats-Tsa’labi, ahli tafsir:

Menyerahkan Hewan Qurban Tanpa Mewakilkan

Hukum kurban itu sah dan Zaid menjadi wakilnya kurban itu, tentang pembelian, memotong, dan membaginya.

Anak Usia 3 Tahun Serahkan Celengannya untuk Berqurban

Waktu tak terasa berjalan cepat, kian hari semakin dekat dengan hari raya Idul Adha. Hingga kemarin (20/8), seorang ibu menghubungi karyawan PKPU Human Initiative. Tim Sahabat Qurban harus menyambut panggilan dari i

Ustadz Ma'ruf Khozin : Vaksin Mengandung Babi?

Di Surabaya pemberian vaksin ini sudah selesai pada tahun lalu, Agustus 2017. Tidak perlu khawatir dan cemas sebab ada Fatwa dan dalil dari ulama yang membolehkan.

Fiqh Qurban #7: Qurban Sekaligus Aqiqah, Bolehkah?

Pernyataan diatas juga dikemukakan oleh para kalangan tabi’in seperti Hasan al-Basri, Muhammad bin Sirin, Qatadah dan Hisyam, termasuk pula Madzhab Hanafiyah (Imam Nawawi, Fathil Bari 12/13).

Fiqh Qurban #6: Qurban untuk Orang Meninggal Tidak Sah, Benarkah?

(Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah terimalah Qurban ini dari Muhammad, keluarga Muhammad, dan dari umat Muhammad)". (HR Muslim).

Fiqh Kurban #5: Berkurban Untuk Orang Lain, Bolehkah?

Masyarakat yang ingin melakukan kurban juga panitianya harus mempunyai ilmu sehingga dalam realisasinya nanti tidak mengurangi dan hilangnya pahala kurban.