Hewan, Qurban, dan Aqiqah

 

Mendahulukan Aqiqah atau Kurban? Beginilah Jawaban Para Ulama

Sebenarnya dalam aqiqah dan kurban ada persamaan diantara kedua ibadah ini yakni sama-sama sunnah hukumnya menurut madzhab Syafi’i (selama tidak nadzar), serta adanaya aktifitas penyembelihan terhadap hewan yang telah memenuhi syarat untuk dipotong. 

Tata Cara Pembagian Daging Qurban

Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan,

Penjelasan Secara Gamblang Mengenai Aqiqah

Akekahan berasal dari bahasa Arab “’aqiqah” yang memiliki beberapa makna. Di antaranya bermakna rambut kepala bayi yang telah tumbuh ketika lahir, atau hewan sembelihan yang ditujukan bagi peringatan dicukurnya rambut seorang bayi.

Inilah Hukum Mengambil Burung di Pohon Orang Lain

Bagaimana hukum mengambil burung di pohon Orang. terima kasih. 

Transplantasi Organ Babi untuk Manusia

Transplantasi berasal dari bahasa Inggris to transplant, yang berarti to move from one place to another, bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Kulit Hewan Kurban Dikumpulkan dan Dijual untuk Membangun Mushalla Atau Madrasah

Bagaimana hukumnya kulit-kulit hewan kurban yang dikumpulkan dan dijual, kemudian hasilnya untuk membangun mushalla, madrasah dan sebagainya ?.

Hewan Kurban Diserahkan Kepada Fakir Miskin Untuk Modal Usaha yang Lebih Produktif

Bagaimana hukumnya tidak menyembelih hewan kurban dan membiarkan hidup untuk diserahkan kepada fakir/miskin sebagai modal usaha yang lebih produktif ?.

Menyembelih Kurban di Luar Hari Nahr dan Hari Tasyriq

Bagaimana hukumnya menyembelih kurban di luar hari Nahr dan Tasyriq dengan alasan agar pembagian dagingnya lebih mengenai sasaran ?.

Berqurban Bukan Dengan Hewan Tetapi Dengan Uang

Bagaimana hukumnya kurban bukan dengan hewan, tetapi dengan nilai uang?.

Hukum Membagikan Hewan Kurban Yang Sudah Disembelih

Bagaimanakah pendapat Muktamar mengenai menyembelih kurban tidak dibagikan, tetapi dibiarkan; yang membutuhkan silahkan mengambil sendiri ?.