Hewan, Qurban, dan Aqiqah

 

Hukum Anak Lebah dan Sarangnya untuk di Konsumsi

Boleh dimakan apabila bersama rumahnya (gawar) karena sulit dipisahkan.

Sejarah Kera Zaman Sekarang

Kera tersebut tidak hidup kecuali hanya 3 hari saja, tidak makan, tidak minum tidak pula beranak. Ibnu atiyyah berkata bahwa diriwayatkan dari Nabi shollallohu alaihi wasallam dan telah tsabit bahwa kaum yang dirubah tersebut tidak beranak, tidak makan, tidak minum dan tidak hidup melebihi 3 hari .

Hukum Hewan yang Berada di Air

Jadi berdasarkan ketiga pendapat tersebut, jika ada ikan yang tidak ada bentuk yang serupanya di daratan maka hukumnya halal.

Hukum Melepas Burung Tetangga

Jika seseorang sengaja membuka sangkar burung milik tetangganya, selang setengah jam, burung tersebut keluar maka dia tidak wajib menanggungnya.

Hukum Mengadu Ayam Menurut Tiga Kitab

Menyabungkan binatang adalah tindakan menyakiti yang tidak ada faedahnya dan semata-mata hanya menuruti kesenangan.

Hukum Menyiksa Hewan dengan Api

Beliau berkata: "Sesungguhnya tidak layak untuk menyiksa dengan api kecuali Tuhan Penguasa api.

Hukum Air Mani Hewan

Pendapat yang ashoh adalah sucinya mani semua hewan kecuali anjing dan babi serta keturunan dari keduanya, termasuk ulama' yang menshohihkannya adalah syeh abu hamid al bandiniji, ibnu shobag, asy syasyi dan selain mereka.

Hukum Kencing Unta

Bukan kotoran onta tapi kencing onta, memang ada sebagian ulama' yang tidak menajiskannya berangkat dari pemahaman sebuah hadits dimana nabi pernah menyuruh seorang sahabat meminum kencing onta.

Hukum Hewan yang Wajib Dibunuh

Hewan yang diperintahkan untuk dibunuh maka hukumnya haram dimakan misalnya ular, kala jengking, tikus, gagak dan hewan buas yang membahayakan misalnya harimau, serigala dan selain keduanya.

Hukum Membunuh Anjing Menurut Imam Syafi'i

Jika Anjing tersebut membawa doror (Mengigit) atau bahaya dianjurkan dibunuh Terkecuali anjing hitam. Jika anjing tersebut tidak berbahaya meskipun anjing tersebut hitam makan Tidak dianjurkan untuk membunuhnya.