Kolom

 

Menaklukkan Diri untuk Raih Rahmat Ilahi

Bermilyar manusia gelisah dan risau, memang karena urusan dengan makhluk. Padahal makhluk adalah sumber kegelisahan dan kerisauan. Kenapa kita tidak gelisah jika urusan Allah terlantar, terbengkelai, teledor?

Pidato Macron Geger karena Lost in Translation atau Pelintiran?

Para pejabat Indonesia tampaknya belum memeriksa pidato Presiden Macron sebelum berkomentar. Padahal...

PUSPPA, Studi Pesantren sebagai Penjaga Moral Bangsa dan Dunia

Webinar dan Launching Pusat Studi Pesantren dan Pendidikan (PUSPPA) 2020 mengangkat tema Pesantren Media: Virtualisasi Pesantren Mendunia, dihadiri ratusan peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dan pesantren di Indonesia.

Apakah Santri Butuh Dalil untuk Bergerak Menjaga Lingkungan?

Saya paham santri sangat kenyang dengan suguhan teks-teks, hingga mungkin untuk bergerak ke luar zona teks, santri tidak cukup punya waktu. Barangkali karena pikirannya penuh dengan teks-teks yang harus dihafal. Karena memang santri sangat menjunjung hafalan. Hafalan adalah hal mutlak yang harus diutamakan oleh santri.

Habib Nurmagomedov: Janji Saya kepada Ibu

Ada getar keharuan yang tidak biasa pada atmosfer kemenangan Khabib Nurmagomedov atas Justin Gaethje di lingkar oktagon dinihari tadi.

Catatan untuk Omnibus Law

Tidak akan ada titik temu jika melihat suatu permasalahan dari sudut pandang masing-masing. Yang kontra akan matian-matian membela pandangannya, sama halnya yang pro. 

Rusuh UU Cipta Kerja, Apa Selanjutnya?

Saya bukan orang yang mendukung UU Cipta Kerja. Saya juga bukan orang yang menolak UU Cipta kerja begitu saja.

Kemusykilan UU Ciptaker Sektor Migas dan Minerba

Produk legislasi yang kejar tayang selalu mengundang tanda tanya. Bukan sekadar ngebut, tetapi senyap. Tiba-tiba mikrofon mati, terus ketuk palu. Ada apa gerangan?

Gelombang Pandemi Susulan dan Sikap Bijak Kita

Setelah tiga bulan pandemi Covid19 berlangsung pemerintah tampak puas dengan hasil upayanya dalam mengendalikan angka kematian dan jumlah warga terpapar.

Membangun Kewaspadaan Mahasiswa dan Civitas Kampus Atas Bahaya Radikalisme

Radikalisme yang saat ini menjadi ancaman nyata bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sudah ada di lingkungan kampus.